Sabtu, 31 Oktober 2020 15:19

​20 Perguruan Pencak Silat Berkumpul, Ada di Kabupaten Pasuruan?

Sabtu, 11 Juli 2020 11:03 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ardianzah
​20 Perguruan Pencak Silat Berkumpul, Ada di Kabupaten Pasuruan?
Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K., S.H., M.H. didampingi Wakapolres Pasuruan Kompol Muhammad Harris, S.I.K., M.I.K. foto bersama dengan 20 perwakilan pengurus pencak silat yang hadir dalam cangkrukan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan perwakilan perguruan pencak silat dari berbagai aliran bersilaturahim dengan Kapolres Pasuruan AKBP. Rofiq Ripto Himawan, S.I.K., S.H., M.H. di Halaman Gedung Tunggal Panaluan Polres Pasuruan, Jumat (10/7) malam.

Silaturahim bertema "Cangkrukan dengan Pergurus perguruan Silat" se-Kabupaten Pasuruan ini dalam rangka kebersamaan untuk menjaga kondusivitas keamanan, serta Kamtibmas Kabupaten Pasuruan.

Silahturahim diikuti berbagai perguruan silat di Pasuruan, seperti IPSI Pasuruan, Kelatnas Perisai Diri, Pencak Organisasi, Tapak Suci, Pagar Nusa, PEH Terate, Persinas Asad, Kuntu, IBNU Alwan, Budi Utomo, Pandawa, Tapak Murni, Bela Diri Anak Indonesia, Walet Putih, Satria Agung, Kobsi Niaga Putih, Tangan Hati, Porsada, Joss Camande, Nogo Suro, dan IKSPI Kera Sakti. Cangkrukan ini juga membahas mengenai situasi Pandemi Covid-19 jelang berlakunya New Normal.

Dalam arahannya, Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan mengajak seluruh perguruan pencak silat ikut meningkatkan keamanan di saat pandemik Covid-19.

"Kita harapkan para jawara ikut menyosialisasikan protokol kesetahan dengan tetap memakai masker dan jaga jarak," ujar dia.

Melalui silaturahim ini, lulusan Akpol 2001 itu juga berharap situasi kamtibmas di Kabupaten Pasuruan terus terjaga. 

"Pertemuan ini diharapkan menjadi kolaborasi yang baik semua elemen masyarakat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban. Konsepnya nanti kita akan diskusikan lagi. Generasi-generasi ini supaya memiliki jiwa yang sportif, kemudian akan menjadi budaya yang baik. Ini korelasinya dengan bagaimana menciptakan keamanan ketertiban itu di lingkungan masyarakat," tegas Kapolres.

Terpisah, salah satu perwakilan dari IPSI Kabupaten Pasuruan Fedi Ariyandi sepakat dengan kapolres, bahwa seluruh elemen pencak silat harus ikut menjaga situasi dan kondisi keamanan yang selama ini sudah terjalin.

"Alhamdulillah, ke depan kita tetap menaruh harapan besar dengan terjalinnya silaturahim ini. Ke depan situasi akan tetap kondusif, apalagi kita sudah bisa lebih dekat dengan pihak kepolisian, dan harapan terus bisa bersinergi bersama yang jelas keamanan ketertiban dan keamanan dak kenyamanan tercipta harapannya untuk masyarakat," terang Fedi.

"Ke depan kita berharap tetap sinergi, semua perguruan bekerja sama, harus tetap membina dan menjaga marwah kerukunan persaudaraan Pencak Silat di Kabupaten Pasuruan ini," pungkasnya. (maf/par/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...