Mawar Venezuela, Bunga Langka yang Mekar dan Tumbuh Subur di Tanah Surabaya

Mawar Venezuela, Bunga Langka yang Mekar dan Tumbuh Subur di Tanah Surabaya Bunga lampion atau mawar venezuela yang bermekaran di Jalan Sedap Malam Surabaya. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga lampion atau yang juga dikenal dengan mawar venezuela ini ternyata dapat tumbuh subur dan mekar di Kota . Padahal, di tempat aslinya, pohon ini tumbuh di hutan dengan suhu sekitar 19-25 derajat celcius.

Menariknya, yang langka ini diketahui hanya ada dua di Kota Pahlawan. Yakni, di pedestrian Jalan Sedap Malam dan di sisi kiri Museum Bank Indonesia (BI).

Disebut mawar venezuela karena bentuknya menggantung di pohon sekilas seperti mawar. Tanaman ini disebut juga sebagai lampion karena memiliki warna merah terang dan menggantung seperti lampion. Sedangkan dalam bahasa ilmiah, ini bernama Brownea Grandiceps.

Nah, di bulan Juli 2020 ini, lampion yang berada di pedestrian Jalan Sedap Malam (pintu masuk sisi timur Balai Kota ), rupanya tumbuh mekar. Hal ini tentunya semakin menambah estetika kecantikan jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota , Erna Purnawati mengaku kaget saat melihat mawar venezuela ini tumbuh mekar di sisi timur pintu masuk Balai Kota .

"Kita tanam (mawar venezuela) itu sudah tahun 2012. Alhamdulillah, kemarin kita kaget karena mekar. Terus yang bikin kaget lagi, tak pikir satu (nya), ternyata nambah-nambah," kata Erna, sapaan lekatnya, Kamis (16/7/2020).

Erna pun mengungkapkan sejarah penanaman langka ini. Kala itu di tahun 2012, Wali Kota , Tri Rismaharini menginstruksikan tak hanya sekadar membangun pedestrian jalan dengan ukuran minimal 2x2 meter untuk mencegah terjadinya genangan. Tapi, untuk motif hingga PJU (Penerangan Jalan Umum) pedestrian, juga harus dilakukan penataan. Bahkan untuk tanamannya sendiri dipilihkan yang unik dan langka.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO