Selasa, 29 September 2020 09:05

​Ratusan Sound System Getarkan Jombang, Tuntut Bupati Beri Izin Keramaian

Senin, 20 Juli 2020 14:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
​Ratusan Sound System Getarkan Jombang, Tuntut Bupati Beri Izin Keramaian
Ratusan massa dari pemilik sound system, pelaku usaha perlengkapan perkawinan, perias, serta pekerja seni saat berunjuk rasa. (foto: ist).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan massa dari pemilik sound system, pelaku usaha perlengkapan perkawinan, perias, serta pekerja seni berunjuk rasa mendatangi Rumah Dinas Bupati Jombang atau Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (20/7/2020).

Dengan membawa sekitar 180 kendaraan roda empat, mulai dari truk dan mobil pick up yang mengangkut sound system, ratusan massa tersebut memadati jalanan sekitaran Alun-Alun Kota Santri. Mereka juga membentangkan poster dan spanduk berisi tuntutan "Bu Bupati Izinkan Kami Tanggapan Ben Isok Bayar Angsuran" hingga poster berisi sindiran "Cukup Atiku yang Ambyar, Jobku Jangan", 

Sementara para pekerja seni yang kebanyakan dari kalangan perempuan, datang dengan berdandan cantik layaknya mau manggung atau pentas. Mereka menuntut segera diberlakukan New Normal agar bisa kembali bekerja.

Salah satu penyanyi dangdut asal Kota Jombang, Suci Astika (32) mengaku, selama pandemi Covid-19 dia tidak menerima job nyanyi karena pemerintah melarang adanya hiburan dan keramaian. Biasanya, dirinya bisa mengantongi Rp200 ribu setiap hari dari hasil manggung ke acara-acara hajatan pernikahan. Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, dirinya rela menjual barang-barang berharganya.

“Kami di sini menuntut hak kami. Kami minta agar diperbolehkan beraktivitas kembali seperti semula. Kita minta New Normal. Kita akan patuhi aturan yang diberlakukan,” ucapnya saat ditemui di sela aksi demo, Senin (20/7/2020).

Karena lama menganggur, lanjut Suci, tidak ada pendapatan masuk ke kantongnya sama sekali. Karena itu dia berharap ada bantuan bagi pekerja seni yang terdampak Covid-19. “Katanya kita dapat bantuan, tapi kenyataannya kita semua belum ada yang menerima bantuan dari Bapak Presiden,” imbuhnya.

Selain Suci, para pengusaha sound system dan perlengkapan perkawinan juga mengaku sepi permintaan selama masa pandemi Covid-19 ini. Pengunjuk rasa berharap ada kebijakan kepala daerah untuk segera memberikan izin keramaian dan hiburan, agar bisa kembali bekerja dengan normal.

“Kita sangat terdampak, empat bulan ini kita tidak bekerja. Mohon lah dengan hati nurani Ibu Bupati untuk bisa membuka kembali kegiatan hajatan dan kegiatan sosial lainnya seperti di kabupaten lain,” ujar Muntasir, Ketua Paguyuban Sound System Jombang (PSJ) kepada BANGSAONLINE.com, Senin (20/7/2020).

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, akan membuat petunjuk teknis (juknis) untuk kegiatan keramaian atau hiburan di masa pandemi Covid-19. Juknis ini akan mengatur kegiatan hajatan hingga hiburan.

“Insya Allah nanti kita buatkan juknis, karena di Perbup 34 (Tentang Pengendalian Covid-19 di Jombang) itu masih secara umum saja. Kalau sudah jadi juknisnya, nanti mereka kita undang lagi. Insya Allah 1 Agustus 2020 kita upayakan juknis selesai,” pungkas Bupati Jombang setelah menemui perwakilan massa aksi di Pendopo Kabupaten Jombang. (aan/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...