Dukung Peningkatan Investasi, Pemkab Sidoarjo Luncurkan Sippadu 2.0

Dukung Peningkatan Investasi, Pemkab Sidoarjo Luncurkan Sippadu 2.0 SOFT LAUNCHING: Peluncuran aplikasi Sippadu 2.0 di Pendapa Delta Wibawa, Selasa (28/7). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menyiapkan sistem penyelenggaraan pelayanan perizinan pola baru. Yakni aplikasi Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu (Sippadu) 2.0.

Sippadu 2.0 mengintegrasikan proses penyelenggaraan pelayanan antara DPMPTSP dengan OPD teknis yang berwenang memberikan rekomendasi teknis perizinan. Aplikasi Sippadu 2.0 ini dilakukan soft launching di Pendapa Delta Wibawa, Selasa (28/7).

Integrasi tahap I tersebut telah siap diimplementasikan dan ada empat OPD teknis yang telah terintegrasi dalam aplikasi Sippadu 2.0, yakni meliputi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pangan dan Pertanian, dan Dinas Perhubungan (Dishub).

“Saat ini sedang dalam proses integrasi sistem dengan OPD teknis lainnya, yaitu Dinas P2CKTR dan Dinas PU Bina Marga dan SDA. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, proses integrasi tersebut dapat terselesaikan,” ucap Asisten II Setda Pemkab Sidoarjo, Benny Airlangga.

Selain empat OPD teknis yang telah terintegrasi, aplikasi Sippadu 2.0 juga telah siap memberikan akses data sharing untuk fungsi pengawasan kepada Satpol PP Sidoarjo dan seluruh Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo terhadap data Izin Lokasi dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Soft Launching New Model Perizinan Terintegrasi Tahap 1 ini bermaksud untuk memfasilitasi pelaku usaha dalam rangka percepatan pelayanan publik dan kemudahan berusaha di Kabupaten Sidoarjo," tegas Benny.

Adanya New Model Perizinan Terintegrasi ini diharapkan para pelaku usaha mendapatkan manfaat kemudahan layanan dan mendapatkan kepastian legalitas usaha, sehingga dapat mendukung meningkatnya investasi di Kabupaten Sidoarjo.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO