Minggu, 20 September 2020 18:34

​Tampung 4.000 Pedagang, Pasar Legi Ponorogo Bakal Jadi Pasar Modern Ramah Lingkungan

Jumat, 31 Juli 2020 13:31 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Novian Catur
​Tampung 4.000 Pedagang, Pasar Legi Ponorogo Bakal Jadi Pasar Modern Ramah Lingkungan
Komisi V DPR RI Hj. Sri Wahyuni Bersama Bupati Ipong saat meninjau pembangunan Pasar Legi.

PONOROGO,BANGSAONLINE.com - Komisi V DPR RI Hj. Sri Wahyuni bersama Bupati Ipong melakukan peninjauan lapangan pembangunan proyek Pasar Legi berlantai 4 senilai Rp 180 miliar bersumber pada APBN, Jumat (31/7).

Peninjauan dilakukannya guna melihat pengerjaan pasar yang diperkirakan akan selesai pada bulan Desember 2020 mendatang. Dalam kunjungannya tersebut, Hj. Sri Wahyuni bersama Bupati Ipong dan beberapa OPD terkait juga menyempatkan untuk melihat beberapa ruas area pembangunan pasar legi.

Bupati Ipong menjelaskan, pembangunan pasar legi ini merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah bersama pemerintah pusat. Karena pasca kebakaran yang melanda beberapa tahun silam, pasar sempat mangkrak dan tidak berfungsi.

Pada akhirnya, pemerintah daerah dibantu Komisi V DPR RI Hj. Sri Wahyuni mengajukan usulan ke Presiden dan di Kementerian Perdagangan serta Kementerian PUPR.

"Alhamdulillah pemerintah pusat mengalokasikan anggaran melalui APBN senilai 180 miliar dan dari APBD sekitar 4 persen senilai 10 miliar, yang nantinya untuk genset dan pendingin. Pedagang yang perlu ruangan pendingin tidak kesulitan," terang Bupati.

Seperti diketahui, pembangunan Pasar Legi sampai sekarang ini sudah hampir selesai. Nantinya bisa menampung baik pedagang Pasar Lanang, Pasar Stasiun bisa ikut berjualan di Pasar Legi karena daya tampungnya lebih besar dibanding yang lalu. Daya tampung keseluruhan mencapai 4.000 pedagang.

Untuk diketahui, nantinya Pasar Legi ini akan menjadi pasar yang besar, mewah, dan bisa dikatakan sebagai satu satunya pasar di Indonesia yang mempunyai konsep bangunan hijau atau ramah lingkungan. Bangunan Pasar Legi ini sangat luas sekali. Selain mempunyai masjid yang bisa menampung 500 jemaah, juga ada tempat tongkrongan.

"Mudah mudahan pada tahun 2021 bisa dioperasionalkan serta nantinya bisa menjadi icon dan pendorong ekonomi masyarakat Ponorogo," ujar Bupati.

Sementara Hj. Sri Wahyuni mengapresiasi pembangunan Pasar Legi yang berjalan lancar, cepat, dan bagus selama hampir 5 bulanan ini. Meski di tengah pandemi Covid-19, pengerjannya tidak ada kendala.

"Dengan dibangunnya Pasar Legi ini, kita harapkan bisa mencakup segala semua kebutuhan masyarakat dan pedagang bisa berdagang dengan baik dan nyaman karena pasar dikonsep sangat modern," pungkas dia. (nov/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...