Sabtu, 31 Oktober 2020 14:37

​Sumur Bor Menjamur, Debit Sumber Darmi dan Kasinan Bocor

Selasa, 11 Agustus 2020 14:47 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
​Sumur Bor Menjamur, Debit Sumber Darmi dan Kasinan Bocor
Warga Desa Pesanggrahan Kota Batu saat unjuk rasa menolak pembangunan objek wana wisata di area Sumber Kasinan beberapa waktu lalu. (foto: ist).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Maraknya pembuatan sumur bor di sekitar area Sumber Darmi, Desa Oro-Oro Ombo dan Sumber Kasinan, Desa Pesanggrahan, Kota Batu membuat dua sumber milik Perumdam Among Tirto mengalami penurunan debit alias 'bocor'.

"Dari beberapa sumber yang dikelola Perumdam Among Tirto, ada dua sumber yang mengalami penurunan debit, yakni Sumber Darmi dan Kasinan," ujar Choirul Anam, Kasi Pelanggan Perumdam Among Tirto saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Selasa (11/8/2020).

Ia mengungkapkan, pada tahun 2014 debit Sumber Darmi sebesar 45 lps, tahun 2016 42 lps, dan sekarang tinggal 37 lps. Sementara untuk Sumber Kasinan awal tahun 2019 masih 4,2 lps, kini tinggal 3,5 lps.

"Khusus di Kasinan Pesanggrahan, salah satu penyebab turunnya debit air karena di sana ada pembangunan salah satu obyek wana wisata," tuturnya.

Menurutnya, debit air tersebut menurun karena penangkap murni air permukaan itu tergantung dari sungai bawah tanah. Selama tidak terganggu sumur bor atau gangguan alam, maka kondisinya tetap normal. Namun, jika banyak sumur bor, maka akan turun.

"Untuk mengatasi persoalan ini, kami sudah mengimbau warga untuk tidak membuat sumur bor di sekitar area sumber," terangnya.

Perumdam Among Tirto juga telah mengambil langkah penting dengan cara membuat sumur resapan di cacthment area. Sementara sumber air yang dikelola Perumdam Among Tirto lainnya seperti Sumber Banyuning, Ngesong, Torongbelok, dan Sumber Gemolo masih tergolong aman. (asa/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...