Sulit Jaringan Internet, Santri Madrasah Manfaatkan Frekuensi HT RAPI Pamekasan untuk Belajar Daring

Sulit Jaringan Internet, Santri Madrasah Manfaatkan Frekuensi HT RAPI Pamekasan untuk Belajar Daring Para santri saat belajar daring dengan bantuan HT dari RAPI Pamekasan. (foto: ist).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Jaringan internet di pelosok yang tidak selalu stabil, menyulitkan para santri untuk belajar secara daring. Seperti yang dirasakan oleh Ustaz dan Santri Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum 2, Dusun Montor, Desa Teja Barat, Kecamatan , Kabupaten .

Oleh karena itu, Yayasan Az Zahri Teja Barat bersama RAPI 19 berinisiatif menggunakan frekuensi radio HT (Handy Talkie) yang dinilai lebih efisien dan hemat biaya.

"Kami siapkan 20 HT operasional, 1 RPU, dan 1 Rig Mobile untuk penguatan sinyal HT hingga 2 km. Jadi efektivitas guru dan murid dalam belajar terjamin dan murah," ujar Budi Cahyono, Ketua RAPI 19 saat mendampingi proses pembelajaran di madrasah, Selasa (11/8/2020).

Ustaz Ach. Zainul Kafi, Pengajar Kelas MI Nurul Ulum 2 mengaku merasa terbantu dengan adanya program RAPI Peduli ini. Sebab, sebelumnya ia harus mendorong para santri untuk mengambil tugas ke madrasah setiap hari, kemudian menyetor hasil tugasnya keesokan harinya, sehingga dirasa kurang efektif karena tidak semua santri menggunakan handphone.

"Dengan adanya fasilitas HT ini, kami tetap bisa melakukan belajar mengajar dengan jarak jauh dan tanpa biaya kuota juga. Siswa juga cepat beradaptasi untuk teknisnya karena simpel dan mudah," tukasnya. (yen/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO