Sabtu, 15 Mei 2021 09:31

YDBA Serahkan 1 Unit Mobil Praktik Bengkel

Rabu, 26 Agustus 2020 15:57 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
YDBA Serahkan 1 Unit Mobil Praktik Bengkel
Penyerahan 1 unit mobil praktik bengkel sesuai dengan kebutuhan Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA) Jawa Timur (Jatim). (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Di tengah pandemi Covid-19, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) menyerahkan 1 unit mobil praktik bengkel sesuai dengan kebutuhan Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA) Jawa Timur (Jatim).

Penyerahan secara simbolis diberikan oleh YDBA diwakili Kepala Departemen Training & Mentoring YDBA, Aloysius Daniel Harbianto kepada Ketua HBBA Jatim, Suyono.

Ikut menyaksikan dalam acara, Pembina HBBA Jatim Pinuji, Bendahara HBBA Jatim Suprapto, dan Fasilitator Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) YDBA Waru Azzuhri Tri Ahara di salah satu Bengkel Anggota HBBA Jatim, Bengkel Mardiono Auto Service.

Hadir secara virtual dalam penyerahan ini, yakni Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala, Sekretaris Pengurus YDBA Ida R. M. Sigalingging, dan Bendahara Pengurus YDBA Handoko Pranoto.

BACA JUGA : 

Masalah Surat-surat dan Sertifikat Klir, PT Sabrina Laksana Abadi Minta Customer Tak Khawatir

BHS Siap Kembangkan Kampung Ikan Asap Jadi Desa Wisata

Di tengah Covid-19, PT MMS Tetap Eksis, Persembahkan 8 Unit Hunian Prestisius

PT Wina Mandiri Karunia Launching CSC, Mudahkan Pelaku UMKM dan e-Commerce Dalam Urusan Logistik

Dikatakan Ketua Pengurus YDBA, Sigit P Kumala, apresiasi kendaraan praktik bengkel dari YDBA melalui “Semangat Berbagi Wujudkan Harapan” ini diharapkan dapat dioptimalkan oleh UMKM Bengkel dalam meningkatkan kompetensinya.

"Dari semangat berbagi ini, UMKM dapat terus memperbarui dan meningkatkan kompetensi yang dimilikinya dan mendukung UMKM menjadi mandiri, naik kelas hingga go global," ujarnya, Rabu (26/8/2020).

Dalam kegiatan ini, Tim HBBA Jatim yang diwakili oleh Pinuji berkesempatan sharing mengenai perjalanan HBBA menjadi komunitas yang mandiri.

Melalui sharing-nya, Pinuji bercerita mengenai awal mula komunitas didirikan, program apa saja yang telah diikuti dan manfaat apa saja yang telah didapat setelah bergabung menjadi bagian dari HBBA Jatim.

HBBA sendiri merupakan komunitas UMKM bengkel yang didirikan YDBA sejak tahun 2006. Saat ini, komunitas yang dibentuk untuk memandirikan UMKM bengkel ini telah ada di beberapa area, salah satunya di Jatim yang didirikan YDBA bersama Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) YDBA di Waru, Sidoarjo pada tanggal 13 Februari 2014.

"Saat ini, HBBA Jatim sendiri telah memiliki anggota sebanyak 123 bengkel yang berada di wilayah Jawa Timur dan Bali," terang Pinuji.

Pinuji menambahkan, berbagai program pembinaan YDBA telah diikuti oleh anggota dari komunitas ini, seperti Pelatihan & Pendampingan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), Standar Pelayanan Bengkel, Service Advisor, dan program lainnya terkait fasilitasi pemasaran maupun fasilitasi pembiayaan.

"Progres yang baik juga ditunjukkan oleh HBBA Jatim. Baik dari segi networking maupun kompetensi SDM di bengkel. Seperti meningkatnya pelayanan bengkel kepada pelanggan, meningkatnya kemampuan dalam menentukan biaya jasa maupun dipercayanya menjadi guru otomotif maupun tim penguji di SMK otomotif," tambah dia.

Seperti diketahui, YDBA merupakan yayasan yang didirikan oleh pendiri Astra, William Soeryadjaya pada 1980 dengan filosofi ‘Berikan Kail Bukan Ikan’. YDBA didirikan sebagai komitmen Astra untuk berperan serta aktif dalam membangun bangsa, seperti yang diamanatkan dalam butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yakni “Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara”.

YDBA menjalankan program tanggung jawab sosial Astra dengan fokus pada pembinaan UMKM yang meliputi UMKM manufaktur, baik terkait value chain bisnis Astra, maupun yang tidak terkait, bengkel umum roda empat dan roda dua, pengrajin dan petani.

Berlandaskan operating values-nya, yakni compassionate, adaptive, responsible, dan excellent, YDBA memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk naik kelas dan mencapai kemandiriannya.

Pelatihan akan lebih efektif, jika dilengkapi pendampingan di lapangan melalui 13 cabang YDBA yang disebut dengan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB), berlokasi di Mataram Nusa Tenggara Barat, Sidoarjo Jawa Timur, Yogyakarta DIY, Klaten Jawa Tengah, Solo Jawa Tengah, Tegal Jawa Tengah, Tarikolot Citeureup Bogor, Sangatta Kalimantan Timur, Bontang Kalimantan Timur, Paser Kalimantan Timur, Tapin Kalimantan Selatan, dan Tabalong Kalimantan Selatan.

Hingga Desember 2019, YDBA telah memberikan pembinaan kepada 11.332 UMKM. Di mana 899 merupakan UMKM di bidang manufaktur, 1.914 di bidang bengkel roda 2 dan roda 4, 3.134 di bidang kerajinan, 1.130 di bidang pertanian, dan sekitar 4.000-an UMKM binaan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang telah diserahkan ke stakeholder/partner dalam program pembinaannya.

Selain itu, YDBA secara tidak langsung juga telah menciptakan 69.860 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya. (cat/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Kerusuhan 13 Mei 1988 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa maksud...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...