Dibuka Gubernur, Muswil IX DPW LDII Jatim Aklamasi Tunjuk Moch. Amrodji Konawi Jadi Ketua

Dibuka Gubernur, Muswil IX DPW LDII Jatim Aklamasi Tunjuk Moch. Amrodji Konawi Jadi Ketua DPD LDII Gresik saat mengikuti Muswil IX secara virtual. (foto: ist).

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Jawa Timur menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) IX untuk memilih ketua dan jajaran pengurus masa bakti 2020-2025 di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilurrosyidin Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/8/2020) kemarin.

Muswil IX digelar secara virtual (daring) diikuti oleh DPD LDII se-Jawa Timur dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Senkom Digital Communication. Acara ini dibuka oleh Gubernur Jatim, .

Muswil LDII kali ini peserta secara aklamasi menunjuk H. Moch. Amrodji Konawi, S.E., S.T., M.T., sebagai Ketua DPW LDII Jawa Timur masa bakti 2020-2025.

Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya menjelaskan program kerja Nawa Bhakti Satya yang menjadi framework Pemprov Jawa Timur. Program ini dikerjakan oleh banyak lembaga dan instansi. Semuanya bergerak bersama dan mencapai titik temu, untuk menyejahterakan masyarakat Jawa Timur.

"Pandemi Covid-19 ini memang menciptakan kontraksi, bahkan Jawa Timur mengalami minus pertumbuhan ekonomi sebesar 5,9 persen. Namun masih terendah di seluruh Jawa. Sementara angka PHK mencapai 4 persen juga terendah di Pulau Jawa," ungkap Khofifah.

Menurutnya, perubahan akibat pandemi ini harus disikapi dengan karakter yang kuat. "Pendidikan karakter yang selama ini bisa dilakukan dalam keluarga atau pesantren, cukup sulit bila dilakukan secara virtual. Untuk itu saya mendukung LDII yang mengembangkan aplikasi Pondok Karakter. Karena dalam pandemi ini butuh kreativitas untuk tetap membangun karakter bangsa, di saat pertemuan langsung dibatasi," katanya.

Ia menganalogikan, membangun karakter memerlukan contoh atau teladan, namun di saat sekolah atau pesantren memberi pelajaran melalui virtual, pemberian teladan ini menjadi tidak mudah. Untuk itu, ia mengingatkan kepada para peserta Muswil IX LDII Jawa Timur agar terus mengedepankan pendidikan atau ilmu.

"Kita sering diajarkan untuk mendapatkan dunia, ukhrowi (akhirat) atau keduanya dengan ilmu. Untuk itu, saya mendukung LDII yang memasukkan pendidikan dalam program kerjanya," terangnya.

Gubernur juga mendukung paparan Pj. Ketua Umum DPP LDII mengenai konsep bekerja sama. "Kompetisi di luar kita menghadapi raksasa bahkan monster ekonomi. Bila yang kecil-kecil bersatu maka akan menjadi kuat, dan selanjutnya menjadi besar," paparnya.

Gubernur mencontohkan keberhasilan LDII tentang energi terbarukan. "Listrik-listrik dari energi terbarukan yang kecil-kecil milik LDII itu, bila digabungkan bisa menjadi megawatt. Di sinilah pentingnya bekerja sama bukan berkompetisi," pungkasnya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO