Layani Pranikah di Masa Pandemi, KUA Batu Lakukan Bimbingan Secara Online

Layani Pranikah di Masa Pandemi, KUA Batu Lakukan Bimbingan Secara Online Penyerahan tugas bimbingan pranikah online kepada calon pengantin.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka melayani masyarakat dalam urusan pernikahan di masa pandemi Covid-19, KUA Batu memutuskan menyelenggarakan bimbingan pranikah secara online.

Menurut Arif Saifuddin, S.Ag., M.A., Kepala KUA Batu, kegiatan bimbingan pranikah online ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang menyebabkan kegiatan pertemuan dalam skala besar dan waktu yang lama dibatasi. Sehingga kegiatan yang selama ini dilakukan untuk memberikan pembekalan secara langsung kepada calon pengantin menemui kendala.

Ia mengatakan, bimbingan pranikah online ini bertujuan memberikan bekal, agar calon pengantin benar-benar memiliki kesiapan dalam memasuki kehidupan rumah tangga. Tidak hanya siap secara mental, tapi juga siap dalam soal ilmu. Sehingga calon pengantin memahami dengan baik persoalan pernikahan dan prinsip-prinsip keluarga bahagia.

"Tujuan lainnya untuk meminimalisir angka perceraian. Dengan memiliki bekal yang cukup, maka potensi perceraian akan semakin kecil," terangnya.

Proses bimbingan pranikah online ini diawali dari proses pendaftaran online yang dilakukan oleh calon pengantin. Setelah diterima oleh KUA Batu, maka akan disampaikan proses dan persyaratan yang dibutuhkan.

Bersamaan dengan itu, pihak KUA Batu akan mengirimkan tugas-tugas yang harus dikerjakan calon pengantin selama kegiatan bimbingan pranikah online di rumah.

Tugas itu antara lain menjawab soal-soal yang disiapkan oleh KUA. Selain itu mendengarkan ceramah pernikahan dan keluarga yang link youtube-nya ditentukan oleh pihak KUA.

Tugas tersebut dikirmkan oleh KUA via WhatsApp (WA), dan harus dikumpulkan bersamaan dengan proses pemeriksaan nikah. Dalam proses pemeriksaan nikah itu pula akan dilakukan pemantapan dan penguatan atas bimbingan pranikah online tersebut.

Kegiatan pemantapan dan penguatan itu bertempat di KUA Batu. Pemantapan dan penguatan ini dilakukan oleh Penyuluh Agama Islam yang ada di KUA Batu.

"Alhamdulillah, kegiatan ini mendapatkan respons yang sangat baik dari calon pengantin dan juga wali nikah. Diharapkan kegiatan ini tetap bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan," harapnya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO