Rabu, 23 September 2020 13:53

Ratusan Penggemar Bonsai Pamerkan Hasil Kreasi di Ngawi

Minggu, 13 September 2020 11:39 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Zainal Abidin
Ratusan Penggemar Bonsai Pamerkan Hasil Kreasi di Ngawi
Beberapa tanaman bonsai yang ada di pameran. (foto: ist).

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Ratusan penggemar tanaman kerdil (bonsai) memamerkan hasil seni tanamannya dalam acara pameran bonsai yang digelar di objek wisata Falma's, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi.

Pameran bonsai yang digelar mulai dari tgl 12 hingga 16 September 2020 itu menjadi ajang adu hasil kreasi membentuk tanaman kerdil dari tangan-tangan para pecinta bonsai. Pameran bertaraf nasional tersebut selain untuk menunjukkan hasil pengerdilan tanaman, juga sebagai ajang pengetahuan tentang tanaman kerdil yang sedang naik daun di Kabupaten Ngawi.

"Pameran ini diikuti oleh peserta dari hampir seluruh wilayah di Jawa, mulai dari Bondowoso sampai ada yang dari Jakarta, sedangkan tanaman yang dipamerkan di sini di antaranya mulai dari jenis santigi, law han sung, serut, dan anting putri, serta jenis lain," ujar Hari, Panitia dan Anggota Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kabupaten Ngawi kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (13/9/2020).

"Pameran ini juga diikuti mantan juara nasional yang turut ambil bagian menampilkan tanamannya sebagai juara nasional," sambungnya.

Ia menjelaskan, selain mencari bibit penggemar bonsai, acara tersebut juga ajang untuk saling berbagi ilmu dan keterampilan dalam membentuk tanaman kerdil. Menurutnya, membentuk tanaman bonsai yang indah dan unik dibutuhkan kesabaran serta ketelatenan dalam merawat agar tumbuhan kerdil tersebut mempunyai nilai seni.

"Mahakarya dari tanaman bonsai dilihat dari cara perawatan dan tingkat keunikan merangkai dari dahan ke dahan," urainya.

Sementara itu, menurut salah satu pengunjung pameran bonsai yang ditemui, ia mengatakan bahwa menanam bonsai dan merawatnya merupakan suatu kesenangan dan kepuasan tersendiri saat tanamannya tersebut tumbuh.

Selain itu, menjadikan bonsai menjadi tanaman yang indah ternyata membutuhkan kreativitas tinggi dan penjiwaan dalam membentuk dan menata pertumbuhannya sesuai harapan.

"Keindahan dari tanaman bonsai yang memiliki nilai jual tinggi dari tingkat kreativitas pemiliknya," pungkasnya. (nal/ros/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...