Minggu, 16 Mei 2021 13:36

Ratusan Penggemar Bonsai Pamerkan Hasil Kreasi di Ngawi

Minggu, 13 September 2020 11:39 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Zainal Abidin
Ratusan Penggemar Bonsai Pamerkan Hasil Kreasi di Ngawi
Beberapa tanaman bonsai yang ada di pameran. (foto: ist).

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Ratusan penggemar tanaman kerdil (bonsai) memamerkan hasil seni tanamannya dalam acara pameran bonsai yang digelar di objek wisata Falma's, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi.

Pameran bonsai yang digelar mulai dari tgl 12 hingga 16 September 2020 itu menjadi ajang adu hasil kreasi membentuk tanaman kerdil dari tangan-tangan para pecinta bonsai. Pameran bertaraf nasional tersebut selain untuk menunjukkan hasil pengerdilan tanaman, juga sebagai ajang pengetahuan tentang tanaman kerdil yang sedang naik daun di Kabupaten Ngawi.

"Pameran ini diikuti oleh peserta dari hampir seluruh wilayah di Jawa, mulai dari Bondowoso sampai ada yang dari Jakarta, sedangkan tanaman yang dipamerkan di sini di antaranya mulai dari jenis santigi, law han sung, serut, dan anting putri, serta jenis lain," ujar Hari, Panitia dan Anggota Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kabupaten Ngawi kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (13/9/2020).

"Pameran ini juga diikuti mantan juara nasional yang turut ambil bagian menampilkan tanamannya sebagai juara nasional," sambungnya.

BACA JUGA : 

Peringati HUT ke-2, 87 Lovers WWN Kediri Gelar Bukber dengan ODGJ

Gelar Baksos di Bulan Suci, RGR Kota Kediri Bagikan Sembako di Area Pemakaman Tionghoa

Harga Hingga Puluhan Juta Rupiah, Ikan Cupang Makin Eksis di Masa Pandemi

Peradaban, RDKC, dan AMK Pamekasan Berikan Santunan ke Penderita Kanker Pembuluh Darah

Ia menjelaskan, selain mencari bibit penggemar bonsai, acara tersebut juga ajang untuk saling berbagi ilmu dan keterampilan dalam membentuk tanaman kerdil. Menurutnya, membentuk tanaman bonsai yang indah dan unik dibutuhkan kesabaran serta ketelatenan dalam merawat agar tumbuhan kerdil tersebut mempunyai nilai seni.

"Mahakarya dari tanaman bonsai dilihat dari cara perawatan dan tingkat keunikan merangkai dari dahan ke dahan," urainya.

Sementara itu, menurut salah satu pengunjung pameran bonsai yang ditemui, ia mengatakan bahwa menanam bonsai dan merawatnya merupakan suatu kesenangan dan kepuasan tersendiri saat tanamannya tersebut tumbuh.

Selain itu, menjadikan bonsai menjadi tanaman yang indah ternyata membutuhkan kreativitas tinggi dan penjiwaan dalam membentuk dan menata pertumbuhannya sesuai harapan.

"Keindahan dari tanaman bonsai yang memiliki nilai jual tinggi dari tingkat kreativitas pemiliknya," pungkasnya. (nal/ros/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...