Dirut Ademos Indonesia: Gelombang Resesi Sebentar Lagi Terjadi

Dirut Ademos Indonesia: Gelombang Resesi Sebentar Lagi Terjadi

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Ademos Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Desa Dolokgede dan Kacangan, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengkaji skenario imbas pandemi serta antisipasi resesi ekonomi yang berpotensi berdampak terhadap kelompok rentan dan marginal.

Kegiatan ini merupakan upaya Konsorsium Penguatan Desa Tanggap Covid-19 (Konsorsium PDTC) mendukung pemerintah memperkuat ketangguhan desa dalam mencegah, menangani, dan mengelola risiko pandemi di Kabupaten Bojonegoro dan Sumba Barat Daya.

Dua skenario yang dibahas yakni persiapan dan pengembangan ketangguhan masyarakat desa, dan pengembangan model perlindungan sosial yang tepat dalam skema penghidupan berkelanjutan.

"Perubahan cara hidup karena penerapan protokol kesehatan dan jaga jarak menyebabkan turunnya mobilitas dan kegiatan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. pun melambat," ujar Direktur Ademos Indonesia, Mohammad Kudlori.

Kata dia, secara nasional akibat melambatnya aktivitas ekonomi tersebut, dalam waktu dekat diperkirakan Indonesia akan mengalami gelombang resesi. "Karena itulah kami mempersiapkan kedua skenario tersebut bagi pemerintah Jawa Timur," kata Kudlori.

Terkait dengan skenario pertama, Konsorsium PDTC yang terdiri dari empat organisasi, yaitu Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos) Bojonegoro, Yayasan Pengembangan Kemanusiaan Donders (YPKD), Atmawidya Alterasi Indonesia (AAI/Alterasi), dan Association of Resiliency Movement (ARM) Indonesia, juga mengadakan kegiatan diskusi serta sosialisasi layanan konsultasi kesehatan dan psikologis bagi kelompok rentan di desa Dolokgede dan Kacangan.

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO