Jumat, 04 Desember 2020 14:15

Tafsir Al-Kahfi 30-31: Desainer Inggris Menyoal Warna Hijau Dalam al-Qur'an

Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Editor: Redaksi
Tafsir Al-Kahfi 30-31: Desainer Inggris Menyoal Warna Hijau Dalam al-Qur
Ilustrasi.

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaan

Sungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang mengerjakan perbuatan yang baik itu.

31. ulaa-ika lahum jannaatu ‘adnin tajrii min tahtihimu al-anhaaru yuhallawna fiihaa min asaawira min dzahabin wayalbasuuna tsiyaaban khudhran min sundusin wa-istabraqin muttaki-iina fiihaa ‘alaa al-araa-iki ni’ma altstsawaabu wahasunat murtafaqaan

Mereka itulah yang memperoleh Surga ‘Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; (dalam surga itu) mereka diberi hiasan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah.

TAFSIR AKTUAL

Dia seorang desainer terkenal berkebangsaan Inggris, ahli colour combining yang handal. Sesuai selera orang-orang Eropa, mereka menyukai warna soft yang ringan dan elegan, tidak suka warna mencolok, apalagi norak. Maka warna hijau bukan selera mereka.

Ketika membaca terjemahan al-qur'an yang menyebutkan warna favorit pakaian penghuni surga, hijau, seperti pada ayat kaji ini dan di ayat lain, al-Insan:21, spontan dia nyeletuk iseng: "Apa sih kelebihan warna hijau, hingga al-qur'an menyebut-nyebut sebagai warna favorit pakaian penghuni surga?".

Semula iseng, tapi keterusan hingga viral dan kalimat itu dipahami sebagai salah satu bentuk gugatan terhadap al-qur'an. Waktu berjalan tanpa reaksi dan pertanyaan itu masih tersimpan di telinga publik. Akhirnya, Tuhan turun tangan dan memberi jawaban dengan cara-Nya sendiri.

Pertama, para dokter bedah di Amerika Serikat mengadakan seminar dengan mengundang para ahli dari berbagai disiplin yang dianggap penting. Bahasannya seputar upaya meningkatkan layanan operasi agar lebih sukses dengan risiko sekecil-kecilnya, nol persen.

Panjang lebar paparan yang ada, hingga seorang psikolog menyarankan agar kamar bedah didesain sedemikian rupa hingga menciptakan suasana setenang mungkin. Dengan kesejukan jiwa itu, pengerjaan operasi bedah lebih santai, fokus, dan tepat. Diusulkan pakaian dokter yang semula putih diganti dengan warna hijau, karena lebih dingin dipandang dan lebih sejuk di hati. Usul diterima dan berlaku hingga sekarang.

Kedua, di pedesaan Inggris ada jalan tikungan yang membahayakan dan kecelakaan sering terjadi di sana. Departemen perhubungan berupaya mengurangi angka kecelakaan tersebut, lalu mengadakan seminar. Usul seorang psikiater agar di lingkungan itu dihijaukan sehijau mungkin dan sesejuk mungkin. Baik berupa pepohonan, bunga, maupun sarana sekitar. Hasilnya, angka kecelakaan turun drastis. Desainer itu diam, kabarnya, dia memeluk islam. Allah a'lam.

*Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag adalah Mufassir, Pengasuh Rubrik Tafsir Alquran Aktual HARIAN BANGSA, dan Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an (MQ), Tebuireng, Jombang.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wonocolo Surabaya. Silakan kirim...