Sabtu, 31 Oktober 2020 14:28

Simulasi Vertical Rescue, DPK Kota Batu Selamatkan Korban Kebakaran dari Bangunan Tinggi

Jumat, 18 September 2020 19:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Simulasi Vertical Rescue, DPK Kota Batu Selamatkan Korban Kebakaran dari Bangunan Tinggi
Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu saat memperagakan meluncur dari ketinggian.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu memberikan edukasi kepada pelaku wisata di Kota Batu, dengan menggelar simulasi Vertical Rescue di Lembah Metro Resort, Kota Batu, Jumat (17/9/2020).

Simulasi yang dilakukan DPK dan beberapa karyawan Lembah Metro Resort tersebut, guna mematangkan teknik penyelamatan dari berbagai hal yang tak diinginkan. Sebab, di Kota Batu terdapat banyak bangunan tinggi.

"Jadi dikhawatirkan jika terjadi hal yang tak diinginkan bisa menjadi kendala pada saat melakukan evakuasi korban apabila terjadi musibah," kata Himpun, Kepala DPK Kota Batu.

"Vertical rescue merupakan bagian dari operasi Search And Rescue (SAR) atau pencarian dan penyelamatan pada saat evakuasi atau pemindahan korban pada medan khusus vertikal atau terjal serta curam, baik basah maupun kering," paparnya.

"Kami berharap simulasi ini bisa mematangkan teknik penyelamatan dan bisa memberikan edukasi bagi pelaku wisata yang ikut terlibat," tandasnya.

Menurutnya, DPK sangat terbuka jika ada wahana wisata, hotel, restoran, desa, kelurahan, dan tempat-tempat yang lain yang ingin adanya pendampingan materi dan praktek secara langsung untuk menanggulangi kebakaran atau bencana.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPK Kota Batu Supriyanto memaparkan vertical rescue merupakan teknik evakuasi dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi ataupun sebaliknya, pada medan yang curam.

"Jadi, bagaimana cara membawa korban agar penyelamatan berhasil maksimal. Pelatihan vertical rescue juga menjadi bagian dari program Aksi Siaga Bencana (ASB)," jelasnya.

"Simulasi meliputi cara meluncur menggunakan tali, cara mengevakuasi korban yang benar, dan mengajarkan beberapa simpul tali. Semoga pengetahuan dari DPK bisa tersalurkan kepada semua petugas maupun dari karyawan Lembah Metro Resort," timpalnya.

Sementara itu, Eksekutif Secretary Lembah Metro, Luluh Yulud sangat mengapresiasi adanya simulasi penangganan bencana dari DPK yang dihelat di obyek wisata.

"Dalam simulasi ini, dari sejumlah 30 karyawan Lembah Metro ada sejumlah 6 security yang mengikuti setiap tahapan dari petugas," ungkapnya.

Luluh mengatakan, simulasi ini sangat penting untuk pengelola obyek wisata. Setidaknya, dengan karyawan yang sudah terlatih menangani bencana, pengunjung yang menginap bisa merasa aman dan nyaman, serta tidak khawatir.

"Karena karyawan kami sudah terlatih dan tanggap dalam segala hal. Sedangkan terkait dengan simulasi ini, rekomendasi dari DPK kepada Lembah Metro sebatas penambahan hidran air," ungkap wanita berhijab yang karib disapa Ruru ini.

Selama ini, tambah Ruru, Lembah Metro Resort sudah menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di setiap sudut ruangan. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...