Rabu, 28 Oktober 2020 03:58

Nomor Bakal Paslon Bupati-Wakil Bupati Diundi Besok, Jalur Depan KPU Blitar Disterilkan 2 Hari

Rabu, 23 September 2020 12:19 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Akina Nur Alana
Nomor Bakal Paslon Bupati-Wakil Bupati Diundi Besok, Jalur Depan KPU Blitar Disterilkan 2 Hari
Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kantor KPU Kabupaten Blitar disterilkan selama dua hari. Satlantas Polres Blitar merekayasa arus lalu lintas di sekitar kantor KPU yang terletak di Jalan Raya Garum.

Itu dilakukan selama pelaksanaan Penetapan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Blitar Tahun 2020 dan Pengundian Nomor Urut Calon di Kantor KPU Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, sterilisasi ini dilakukan dua hari, yakni Rabu (23/9/2020) saat penetapan Bapaslon, dan Kamis (24/9/2020) saat pengundian nomor urut Bapaslon, dimulai jam 07.30 WIB pagi sampai selesai.

"Sterilisasi ini adalah sebagai upaya untuk mengamankan tahapan Pilkada. Kami berupaya untuk mengantisipasi adanya kerumuman, arak-arakan dan konvoi agar saat tahapan ini digelar, disiplinan protokol kesehatan benar-benar diterapkan untuk mencegah penularan Covid-19," ujar AKBP Ahmad Fanani.

Dia menjelaskan, arus lalu lintas dari Timur atau dari arah Malang menuju Kota Blitar dialihkan ke arah Selatan di pertigaan Tingal, Kecamatan Garum menuju Kanigoro.

Sementara untuk arus lalu lintas dari Barat atau dari arah Kota Blitar menuju Malang diarahkan untuk ke Selatan lewat Kanigoro mulai pertigaan Hotel Herlingga Kota Blitar.

Dia menambahkan, selain mensterilkan lokasi, Polres Blitar juga menerjunkan 150 personel dibantu dari TNI sebanyak 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK). "Jadi yang ada di lokasi yang sudah disterilkan ini hanya yang berkepentingan. Dan yang boleh masuk ke Kantor KPU hanya yang sesuai undangan KPU," tegasnya.

Pelaksanaan Penetapan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Blitar Tahun 2020, dilakukan dalam Pleno Tertutup. Untuk bapaslon hanya diwakili 3 orang, terdiri dari 2 orang dari tim pemenangan dan 1 orang penghubung. Juga ada undangan lain yang berhubungan dengan penyelenggaraan seperti KPU, Bawaslu, dan kepolisian.

Sementara pengundian nomor urut dilakukan secara terbuka, namun peserta yang hadir tetap dibatasi maksimal 50 orang. Setiap Paslon boleh didampingi tim pemenangan maksimal 15 orang, ditambah undangan penyelenggara dan media.

"Kami berupaya untuk menerapkan protkes dalam setiap tahapan Pilkada untuk mencegah penyebaran Covid-19," terang Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso. (ina/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...