Jumat, 27 November 2020 15:37

Inovasi Lala Mobile, Upaya Mendekatkan Layanan Kesehatan Ibu Hamil

Rabu, 07 Oktober 2020 12:55 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Inovasi Lala Mobile, Upaya Mendekatkan Layanan Kesehatan Ibu Hamil
Ibu hamil saat antri menjalani pemeriksaan kesehatan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kondisi pandemi seperti ini membuat kekhawatiran bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan Antenatal Care (ANC) Terpadu, khususnya di Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan.

Padahal ANC Terpadu sangatlah penting bagi ibu hamil karena merupakan pelayanan terpadu dengan program lain yang memerlukan intervensi selama kehamilan.Sehingga ibu hamil mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat dan melahirkan bayi yang sehat.

Berkurangnya kunjungan ANC Terpadu ini disikapi Puskesmas Laren di Lamongan dengan membuat inovasi Layanan Laboratorium (Lala) Mobile untuk mendekatkan ANC Terpadu kepada ibu hamil.

“Jadi kunjungan ANC Terpadu ibu hamil di Puskesmas Laren masih rendah, hal tersebut karena infrastruktur yang kurang mendukung mobilisasi menuju puskesmas, ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid 19 membuat ibu hamil semakin khawatir,” ungkap Kepala UPT Puskesmas Laren dr. Istiqomah.

Dijelaskannya, melalui Lala Mobile ibu hamil tidak perlu jauh-jauh datang ke Puskesmas Laren untuk melakukan ANC Terpadu. Namun tim Puskesmas Laren yang datang melayani ibu hamil.

"Dari 20 desa, kami mendatangi 4 titik desa agar semakin terjangkau. Kami juga bekerja sama dengan Kepala Desa untuk memanfaatkan Mobil Sehat untuk menjemput ibu hamil secara gratis," jelas Istiqomah.

Diharapkan, melalui Lala Mobile pelayanan ANC Terpadu menjadi lebih mudah dan cepat, kunjungan ANC ibu hamil meningkat sehingga risiko tinggi pada ibu hamil dapat terdeteksi sejak dini.

Pemeriksaan ANC Terpadu beberapa di antaranya adalah timbang berat badan, pemeriksaan tekanan darah secara rutin, pemeriksaan terhadap janin dan denyut nadi janin, pengukuran status gizi untuk mencegah dampak buruk pada kelahiran bayi, penentuan usia kehamilan, pemberian tablet zat besi serta konseling terkait kehamilan, persiapan pemberian asi eksklusif, dan KB pasca persalinan.

Ditambahkan Istiqomah, ANC yang baik adalah yang dilakukan minimal empat kali selama kehamilan. Yakni satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan dua kali di trismester ketiga. (qom/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...