Minggu, 17 Januari 2021 09:48

BHS Siap Kembangkan Kampung Ikan Asap Jadi Desa Wisata

Senin, 12 Oktober 2020 19:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
BHS Siap Kembangkan Kampung Ikan Asap Jadi Desa Wisata
POTENSI UMKM: Cabup BHS mengunjungi Kampung Ikan Asap Penatarsewu, Senin (12/10). foto: MUTASI/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Keberadaan Kampung Ikan Asap di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin mendapatkan perhatian dari Cabup Sidoarjo 2020 Bambang Haryo Soekartono (BHS).

Politikus Partai Gerindra itu bakal mengembangkan potensi kampung yang sebagian besar warganya memiliki usaha pembuatan ikan asap. "Ke depan, kampung Ikan Asap ini bisa menjadi desa wisata di Sidoarjo," cetusnya saat mengunjungi Kampung Ikan Asap Desa Penatarsewu, Tanggulangin, Senin (12/10).

Agar Kampung Ikan Asap ini bisa terus berkembang dan nantinya bisa menjadi desa wisata di Sidoarjo, BHS menyiapkan sejumlah program kala nantinya diamanahi memimpin Kabupaten Sidoarjo.

"Saya akan perhatikan dari sisi permodalan. Saya akan dampingi agar bantuan KUR (kredit usaha rakyat) bisa masuk ke sini," tegas Cabup yang berpasangan dengan Cawabup M. Taufiqulbar ini.

Ditegaskan BHS, keberadaan Kampung Ikan Asap ini ebuah potensi UMKM yang sangat luar biasa. Jika terus dikembangkan bakal berdampak pada sektor perikanan tambak di sekitar Desa Penatarsewu.

Selain permodalan, beberapa pelaku UMKM ikan asap juga butuh sertifikasi untuk perizinan. "Kita akan dampingi UMKM ikan asap ini agar bisa dapat sertifikasi, termasuk IRT dan sebagainya," tandas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019.

Dari segi pemasaran, kata BHS, nantinya UMKM Ikan Asap ini bakal dilakukan pendampingan, baik pemasaran offline maupun online. "Ini adalah tugas pemerintah (pemkab) untuk mempromosikan produk Ikan Asap ini. Tidak hanya di Sidoarjo, namun wilayah-wilayah di luar Sidoarjo," urainya.

Kata BHS, nantinya para pelaku UMKM Ikan Asap ini disiapkan pelatihan di antaranya terkait kemasan produknya. Sehingga ikan mujaer yang diolah dan dimasak dengan pengasapan, rasanya tetap enak dan higienis.

Untuk menggenjot promosi, kata BHS, produk ikan asap bakal difasilitasi untuk bisa dijual di rest area jalan tol Sidoarjo, gerai UMKM di Terminal Bungurasih, dan gerai UMKM di Bandara Juanda.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM Ikan Asap, M Farid Khoiruddin menyatakan apresiasi terhadap kepedulian Cabup BHS terhadap usaha ikan asap di Desa Penatarsewu. "Kami mendukung program pak BHS untuk mengembangkan usaha asapan ini," cetus Farid.

Kata Farid, selama ini, usaha ikan asap di desanya belum disentuh bantuan permodalan dari Pemkab Sidoarjo. Bantuan kepada usaha ikan asap, malah datang dari sebuah BUMN. "Bantuan bisa berupa cerobong asap. Bisa juga rumah asap," tandas Farid usai berdialog dengan Cabup BHS. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...