Rabu, 02 Desember 2020 19:11

​Doni Monardo: Kunci Selamat dari Covid-19: Iman, Aman, dan Imun

Jumat, 16 Oktober 2020 19:14 WIB
Editor: MMA
​Doni Monardo: Kunci Selamat dari Covid-19: Iman, Aman, dan Imun
Doni Monardo, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. foto: ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Doni Monardo, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada tiga kunci agar kita selamat dari Covid-19. Yaitu patuh protokol kesehatan dengan cara memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta cuci tangan sesering mungkin dengan air mengalir. Atau pakai hand sanitizer.

“Tetapi itu saja belum cukup. Harus dilengkapi dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita harus bersabar, kita bersabar menghadapi musibah ini. Dengan bersabar diharapkan kita bisa mengendalikan diri,” kata Doni dalam diskusi Sosialisasi Iman, Aman, dan Imun Hadapi Covid-19 secara virtual di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Menurut Doni, Covid-19 merupakan virus yang tidak kelihatan. Tetapi dampaknya bisa dirasakan. Ia menyebut, korban jiwa secara global mencapai lebih dari 1 juta orang. Sedang yang terpapar Covid-19 mencapai lebih dari 37 juta orang di seluruh dunia.

Doni lalu menjelaskan angka di dalam negeri. Menurut dia, yang sudah terpapar virus ini telah mencapai lebih dari 350 ribu orang. Dan yang wafat sudah lebih dari 12 ribu orang.

“Sebuah angka yang sangat besar sekali. Walaupun angka kesembuhan itu mengalami peningkatan, sudah ada sekitar kurang dari 275 ribu warga negara kita yang telah sembuh dari bahaya Covid ini,” kata Doni dikutip okezone.com.

Doni juga mengingatkan bahwa 7 persen pasien Covid-19 yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran bukanlah orang yang sering keluar rumah. Mereka justru orang yang berada di rumah yang menjalankan imbauan pemerintah.

Itu berarti, bahwa bahwa penularan Covid-19 saat ini justru terjadi dari orang-orang di sekitar pasien.

"Kita terpapar Covid-19 bukan dari orang yang jauh. Tetapi biasanya dari orang terdekat dengan kita atau orang-orang di sekitar kita bahkan keluarga kita sendiri," kata Doni dikutip tribune.com.

"Karena itu kita harus proteksi diri. Ia mengajak terus meningkatkan imunitas tubuh dengan olahraga teratur, istirahat cukup, jangan begadang, makan makanan yang berkualitas, minum vitamin, tidak panik dan hati harus gembira," pesannya.

Ia juga mengimbau agar betul-betul menjaga lingkungan. Menurut dia, anak muda yang mobilitasnya tinggi, ketika terpapar Covid-19 bisa sembuh dalam waktu tak lama. Karena anak muda dengan tubuh sehat akan tahan dengan penyakit ini. Tapi mereka yang rentan Covid-19 inilah sangat berbahaya.

Karena itu ia mengingatkan pentingnya memproteksi diri dengan iman, aman dan imun. (tim) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...