Selasa, 27 Juli 2021 22:15

Tips agar Seniman Tetap Kreatif di Tengah Covid-19

Sabtu, 17 Oktober 2020 22:44 WIB
Editor: Redaksi
Tips agar Seniman Tetap Kreatif di Tengah Covid-19
Kang Tisna merampungkan lukisan cepatnya sepanjang acara yang berlangsung selama tiga puluh menit itu.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Perubahan perilaku dengan menerapkan protokol kesehatan terjadi selama masa pandemi, demi memutus mata rantai Covid-19.

Adaptasi kebiasaan baru ini juga memunculkan kreativitas, termasuk seniman yang banyak memanfaatkan kecanggihan teknologi dan juga media terdekat yang mudah dijangkau.

Seperti yang diungkapkan Tisna Sanjaya, pelukis yang juga Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB), yang mengusung seni partisipatif dengan melibatkan keluarga.

Dalam obrolan santai akhir pekan tentang "Kreativitas di Atas Covid-19" di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Sabtu (17/10) pagi, Tisna Sanjaya melalui Zoom memberikan tips agar tetap produktif dan terus berkreasi di tengah pandemi.

BACA JUGA : 

Dipermalukan, Menteri Kesehatan Bakal Mundur atau Bertahan?

Tanggapi Ajakan Demo Tolak PPKM Darurat, PB HMI Dorong Polisi Lakukan Penangkapan

AMSI akan Luncurkan Crisis Center COVID-19, Bantu Pekerja Media yang Terpapar

Pengasuh Ponpes Darul Ihsan Gresik Beri 4 Pesan untuk Hindari Covid-19

Adapun tipsnya sebagai berikut:

Pertama, cintai keseharian karena sangat menarik. Memang, kata pelukis sekaligus seniman yang akrab dipanggil Kang Tisna ini, sepintas seperti sama harinya, tapi sebetulnya berbeda.

Kedua, jadikan setiap perubahan dan perbedaan adalah energi. Setiap keluar rumah bertemu orang sekitar, bersosialisasi, dan bergaul dengan hal-hal unik ataupun rumit harus menjadi spirit.

Ketiga, jadikan setiap perubahan dan pertemuan itu sebagai hal seni yang merupakan bagian dari doa.

Keempat, berpikir positif dan optimistis, karena pandemi ini terjadi di seluruh dunia, bukan hanya di Tanah Air Indonesia saja.

"Jadikan itu semua sebagai seni lewat doa. Seni untuk perubahan. Kalau tidak seperti itu, kita tidak suka cita," ujar Kang Tisna sambil merampungkan lukisan cepatnya sepanjang acara yang berlangsung selama tiga puluh menit itu. 

Sumber: covid19.go.id
Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...