Pemkot Surabaya Siap Terbitkan 1.000 Buku Karya Guru Tepat di Hari Guru Nasional

Pemkot Surabaya Siap Terbitkan 1.000 Buku Karya Guru Tepat di Hari Guru Nasional Kepala Dispendik Kota Surabaya Supomo saat diwawancarai. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemkot Surabaya melalui Dispendik tengah mematangkan konsep penerbitan 1.000 buku karya para guru se-Surabaya. Rencananya, ribuan buku ini akan diluncurkan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November 2020 mendatang.

Kepala Dispendik Kota Surabaya Supomo mengatakan, program yang dinamakan Sasek Sabu (Satu Sekolah Satu Buku) ini merupakan karya tulis dari para guru mulai jenjang TK, SD, dan SMP se-Surabaya, juga Pengawas dan Penilik sekolah.

"Pengawas, penilik, dan kepala sekolah juga termasuk guru. Mereka adalah guru yang diberi tugas tambahan. Para guru ini bisa menuliskan pengalaman yang sudah dilalui," kata Supomo, Selasa (20/10).

Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya ini menjelaskan, program Sasek Sabu sengaja dibuat untuk terus mengasah kreativitas para guru meskipun di masa pandemi Covid-19. Ia bersyukur karya tulis guru ini pun mendapat respons baik.

"Sudah ada beberapa sekolah yang mengumpulkan buku dari karya para guru ini. Temanya bermacam-macam, sesuai dengan keahlian masing-masing guru," jelas Supomo.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Dispendik Surabaya Mamik Suparmi menambahkan, karya buku bermacam-macam mulai dari antologi atau kumpulan tulisan, kumpulan esai, kumpulan artikel, hasil karya tulis ilmiah (KTI), serta karya inovasi guru. "Satu buku minimal 60 halaman. Itu di luar cover, daftar isi, kata pengantar, serta daftar pustaka," tambah Mamik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO