Gus Muhdlor-Subandi Siap Kembangkan Kemuning Jadi Desa Wisata Kampung Tas

Gus Muhdlor-Subandi Siap Kembangkan Kemuning Jadi Desa Wisata Kampung Tas POTENSI UMKM: Gus Muhdlor menyapa para pengrajin tas kertas, di Desa Kemuning Kecamatan Tarik, Rabu (21/10). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Delta menjadi salah satu perhatian dari Paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)-Subandi. Di antaranya UMKM kerajinan tas berbahan kertas di Desa Kemuning, Kecamatan Tarik.

Melihat potensi usaha yang digeluti mayoritas warga Desa Kemuning tersebut, paslon yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini siap mewujudkan Kemuning sebagai Desa Wisata Kampung Tas.

"Kami bakal mengembangkan potensi kampung yang sebagian besar warganya memiliki usaha kerajinan tas ini. Ke depan, Kampung Tas ini bisa menjadi salah satu desa wisata di Sidoarjo dengan ciri khas tas berbahan kertas," cetus Gus Muhdlor, saat mengunjungi Desa Kemuning, Rabu (21/10).

Gus Muhdlor berharap Desa Kemuning nantinya menjadi salah satu sentra UMKM yang bakal didampingi Pemkab Sidoarjo. Diketahui, satu di antara 17 Program Kerja Sidoarjo MAS, yakni program 20.000 UMKM Naik Kelas. Program ini salah satu bentuknya, memberikan stimulus usaha mikro sesuai level atau tingkatannya. Selain itu ada upaya pembinaan pada UMKM.

Kata Gus Muhdlor, akibat pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh dunia ikut merasakan lesunya perekonomian. Termasuk UMKM kerajinan tas di Desa Kemuning ini. Pihaknya berharap ke depan, para pemilik UMKM harus dituntun dan didampingi Pemkab Sidoarjo.

Terutama dalam memberikan stimulan pemulihan ekonomi seperti bantuan modal UMKM dan UMKM naik kelas. "Ini bisa berbentuk insentif dan pelatihan dan sebagainya. Kami berkeinginan negara harus hadir dalam pemulihan ekonomi yang hari ini lesu," imbuh alumnus FISIP Unair ini.

Terkait pengembangan pasar hasil tas asal Kemuning, kata Gus Muhdlor, bukan tanpa sebab nyata. Hal ini berdasarkan kualitas bahan baku produksi kerajinan tas yang sangat bagus kertasnya.

Simak berita selengkapnya ...