Libur Panjang, Satgas Covid-19 Kota Blitar Cek Kesiapan Penerapan Prokes Lokasi Wisata

Libur Panjang, Satgas Covid-19 Kota Blitar Cek Kesiapan Penerapan Prokes Lokasi Wisata Satgas Covid-19 Kota Blitar saat mengecek kesiapan penerapan protokol kesehatan. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Libur panjang Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama di akhir bulan Oktober 2020 dikhawatirkan akan berdampak pada penyebaran Covid-19. Mengantisipasi hal ini, Satgas Covid-19 Kota Blitar mengecek kesiapan penerapan protokol kesehatan di sejumlah lokasi wisata Kota Proklamator.

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pengelola tempat wisata agar menyiapkan sarana prasarana protokol kesehatan.

"Yang paling penting kesiapan sarana dan prasarana protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan. Selain itu kami juga meminta pengunjung dibatasi agar penerapan protokol kesehatan bisa berjalan maksimal," ujar Hakim, Selasa (27/10/2020).

Agar protokol kesehatan bisa berjalan dan tetap dipatuhi, pihaknya memastikan petugas gabungan akan berkeliling ke tempat wisata selama masa liburan. Mereka bertugas mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Selain ada petugas yang berkeliling, di Alun-Alun Kota Blitar juga didirikan posko bersama," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Blitar, AKBP Leonard M. Sinambela mengatakan, berdasarkan evaluasi secara nasional, biasanya jumlah kasus baru positif Covid-19 selalu bertambah setelah libur panjang.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu dilakukan langkah antisipasi agar kasus Covid-19 di wilayah hukumnya tidak mengalami peningkatan setelah libur panjang. Utamanya di Kota Blitar yang kini telah masuk menjadi zona kuning.

"Selain keliling mengecek lokasi-lokasi wisata kami akan melakukan screening terhadap kendaraan luar kota di pintu masuk Kota Blitar. Mereka dicek suhu tubuhnya. Hal ini sudah kami laksanakan mulai hari ini," kata Leonard.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan apel gelar pasukan khusus untuk pengamanan selama libur panjang ini. Apel gelar pasukan digelar Selasa (27/10/2020) siang, di Alun-Alun Kota Blitar. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO