​Gowes di Jember, Khofifah Salurkan Program Pemulihan Ekonomi & Sembako-Masker pada Tukang Becak

​Gowes di Jember, Khofifah Salurkan Program Pemulihan Ekonomi & Sembako-Masker pada Tukang Becak  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat membagikan sembako pada para tukang becak di Jember, Minggu (15/11/2020). foto: ist/ bangsaonline.com

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa melanjutkan kegiatan gowes pemulihan ekonomi ke Kabupaten Jember, Minggu (15/11/2020).

Gubernur bersama dengan pimpinan jajaran instansi vertikal Provinsi Jawa Timur keliling menyusuri Kabupaten Jember sembari kampanye ‘Pakai Masker’ dan berbagi ke sejumlah titik.

sang gubernur ini merupakan kegiatan rutin di banyak kabupaten kota di Jawa Timur. Tujuannya agar masyarakat Jatim terbiasa dengan mengubah laku dengan 3M di tengah pandemi Covid-19. Yaitu memakai , menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Menyusuri Kabupaten Jember dengan start dari Kantor Bank Indonesia Jember, dan rombongan sempat mampir ke sejumlah titik. Total panjang rute gowes kali ini mencapai 10,9 kilometer.

dan rombongan sempat singgah di di Pasar Buah Gebang, RRI Jember, dan juga Pasar Tanjung Jember.

Di setiap titik, Gubernur perempuan pertama Jawa Timur tersebut membagikan kain untuk warga dan sembako bagi para tukang becak dan warga tak mampu.

“Intinya tak henti kita ingin sampaikan ajakan untuk pakai . Penyebaran virus Covid-19 belum berhenti. Maka cara terbaik melindungi diri adalah disiplin dan patuh protokol kesehatan,” ucap .

Gubernur menyinggung peningkatan kasus baru saat liburan panjang dua pekan lalu. Menurut dia, peningkatan kasus baru ini mencapai 5 persen.

Meski peningkatan ini menjadi yang terkecil di antara provinsi besar lain di Pulau Jawa, namun mengingatkan bahwa ini bukti penyebaran virus belum berhenti dan masyarakat harus tetap waspada.

Gubernur juga berusaha keras agar warga juga sehat ekonomi. Karenanya, mengajak masyarakat membeli produk UMKM lokal, sebagai langkah memulihkan ekonomi.

Menurut dia, penyumbang PDRB Jawa Timur terbanyak adalah sektor UMKM. Dan sektor ini menjadi salah yang paling terdampak selama pandemi covid-19.

Dalam gowes pemulihan ekononi ini, melibatkan pimpinan jajaran instansi vertical Jawa Timur. Yaitu Kepala BI Jawa Timur, Kanreg IV OJK Jawa Timur, BPN Jawa Timur, Deputi Direktur BPJS Kesehatan Jatim, Kepala BPS Jatim, Dirut Bank Jatim, juga Dirut Bank UMKM.

Gubernur juga didampingi oleh Sekda Prov Jatim, Plt dan jajaran forkopimda Jember.

Usai gowes, Gubernur menyalurkan program pemulihan ekonomi pada warga Kabupaten Jember. Mulai dari penyerahan sertifikat program strategis nasional, bantuan langsung tunai dana desa, bantuan keuangan khusus BUMDes masing-masing Rp 50 juta, serta bantuan keuangan khusus Jatim Puspa mulai dari Rp 198 juta hingga Rp 269 juta.

Selain itu juga diserahkan penyaluran kredit pemulihan ekonomi nasional dan dagulir, bantuan program satu rekening satu pelajar, bantuan subsidi upah, dan juga KUR dan BanPUM.

“Semoga apa yang kita serahkan hari ini bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi Jawa Timur. Sehingga masyarakat sehat, ekonomi Jatim juga kembali kuat,” harap .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO