Minggu, 17 Januari 2021 09:14

Bantu Program KB di Lamongan, PPKBD Desa Soko Dapat Penghargaan Teladan Aktif

Selasa, 17 November 2020 18:00 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Bantu Program KB di Lamongan, PPKBD Desa Soko Dapat Penghargaan Teladan Aktif
Bupati Fadeli saat menyerahkan penghargaan kepada PPKBD berprestasi. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Harwati (53), Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dari Desa Soko Kecamatan Tikung, menerima penghargaan sebagai PPKBD Teladan Aktif di dalam membantu kegiatan program KB di Kabupaten Lamongan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Fadeli pada acara Pengukuhan Paguyuban PPKBD Kabupaten Lamongan Tahun 2020-2024 di Pendopo Lokatantra, Selasa (17/11/2020).

Dikatakan Harwati, dirinya mulai tahun 1985 sudah aktif dalam Program KB. “Saya sudah dari tahun 1985 ikut berpartisipasi sebagai kader program keluarga berencana, saya juga ikut berpartisipasi menyosialisasikan program-program KB kepada masyarakat di Desa Soko termasuk saat ini yakni program bangga kencana (program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana)," urai Harwati.

Selain kepada Harwati, Bupati Fadeli pada kesempatan yang sama juga memberikan penghargaan kepada enam orang PPKBD dengan masa pengabdian 40 tahun, yakni PPKBD Karangcangkring Kecamatan Kedungpring, PPKBD Kalen Kecamatan Kedungpring, PPKBD Juga Kecamatan Sekaran, PPKBD Puter Kecamatan Kembangbahu, PPKBD Pucangro Kecamatan Kalitengah, dan PPKBD Tanjung Kecamatan Lamongan.

Menurut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Lamongan, Umuronah, Kabupaten Lamongan adalah satu-satunya kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai paguyuban PPKBD.

“Kami memberanikan diri untuk membuat paguyuban PPKBD pertama di Provinsi Jawa Timur, karena kami menganggap bahwa PPKBD adalah mitra kerja dan ujung tombak keberhasilan program-program keluarga berencana. Merekalah yang ada di garda depan, yang ikut berpartisipasi menyosialisasikan program-program KB pada masyarakat," ungkap Umuronah.

Sementara itu, Bupati Fadeli selaku Pelindung pada Kepengurusan Paguyuban PPKBD Kabupaten Lamongan Tahun 2020-2024 mengapresiasi apa yang telah DPPKB lakukan hari ini.

"Ini adalah inovasi, lagi-lagi Kabupaten Lamongan mendahului. Saat ini kita adalah satu-satunya kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai paguyuban PPKBD. Nantinya semoga kita menjadi percontohan yang akan diikuti oleh kabupaten lain," kata Fadeli.

Fadeli juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh PPKBD di Kabupaten Lamongan atas sumbangsihnya kepada masyarakat, sehingga program-program keluarga berencana dapat terlaksana dengan baik. (qom/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...