Gali Fondasi Rumah, Warga Jombang Temukan Granat Nanas

Gali Fondasi Rumah, Warga Jombang Temukan Granat Nanas Granat nanas yang ditemukan warga di lokasi penggalian fondasi rumah. foto: AAN AMRULLOHA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Warga Dusun Mulyorejo, Desa Grobokan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten digegerkan dengan penemuan benda mencurigakan mirip nanas saat menggali tanah untuk bangunan fondasi rumah.

Diduga, benda mirip tersebut merupakan senjata perang pada jaman Belanda puluhan tahun lalu. Benda berukuran sekitar genggaman orang dewasa itu masih utuh, namun pin atau penguncinya sudah terlepas.

Benda mencurigakan yang sudah berkarat tersebut ditemukan oleh Sagi (67), saat membuat fondasi rumah milik Candra Setya Bekti. Penemuan tersebut kemudian dilaporkan ke perangkat desa setempat dan diteruskan ke Polsek Mojowarno.

Menurut keterangan Sagi, dirinya saat itu tengah menggali tanah untuk membuat fondasi rumah milik Candra pada Rabu (18/11) sekitar jam 10:00 WIB. Namun, setelah menggali dengan kedalaman sekitar 60 centimeter, tiba-tiba cangkulnya menyenggol benda keras.

“Saya pas menggali untuk fondasi itu cangkul saya mengenai benda keras. Saya kira itu mirip sebuah bokor. Saya juga jengkel saya cangkul lagi kok ada benda aneh di tengah batu-batu yang tertata rapi melingkar,” ujar Sagi saat ditemui di lokasi penemuan, Kamis 19/11/20.

Benda tersebut, lanjut Sagi, kemudian dibuat mainan oleh beberapa warga yang berada di lokasi tadi. Bahkan, dirinya sempat akan membakar benda mirip nanas itu.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO