Putus Rantai Penularan Covid-19, Kerelaan Masyarakat Jalani Pemeriksaan Sangat Penting

Putus Rantai Penularan Covid-19, Kerelaan Masyarakat Jalani Pemeriksaan Sangat Penting Letjen TNI Doni Monardo, Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Upaya memutus mata rantai penularan memerlukan kerelaan hati masyarakat dalam menjalani pemeriksaan, pelacakan kontak erat, dan perawatan, sehingga setiap kasus yang muncul bisa ditangani oleh petugas kesehatan dengan cepat dan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Letjen TNI Doni Monardo, dalam rapat koordinasi virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu (21/11/2020) sore. Hadir dalam rapat tersebut antara lain Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan sejumlah kepala puskesmas.

Pembahasan rapat koordinasi tersebut yakni, fokus pada upaya, testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan), dan treatment (perawatan), menyusul mulai ditemukannya kasus baru setelah terjadi kerumunan baik semasa libur panjang, penjemputan tokoh agama di Bandara Soekarno Hatta, kerumunan di Tebet Jakarta Selatan, Megamendung Bogor, dan Petamburan Jakarta Pusat baru-baru ini.

Dalam arahannya, Doni Monardo menyadari kesulitan yang dihadapi petugas di lapangan. Tak lupa ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras mereka dalam melayani masyarakat menghadapi pandemi .

“Dibutuhkan kerelaan hati dari masyarakat untuk melakukan swab, utamanya bagi yang pernah mengikuti kerumunan, termasuk selama liburan panjang, demonstrasi menolak UU Cipta Kerja, maupun kerumunan lain. Tes swab di puskesmas tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Doni juga berharap dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat di setiap daerah, termasuk para Ketua RT dan Ketua RW. "Sampaikan bahwa kita akan melakukan tes massal, dimulai dari keluarga inti yang positif. Ini bagian dari upaya memutus mata rantai penularan .”

Sumber: Satgas Covid-19

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO