Minggu, 24 Januari 2021 22:51

Hasil Survei Pilbup Ponorogo Mengejutkan, Elektabilitas Sugiri-Lisdyarita Ungguli Ipong-Bambang

Kamis, 03 Desember 2020 21:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Novian Catur
Hasil Survei Pilbup Ponorogo Mengejutkan, Elektabilitas Sugiri-Lisdyarita Ungguli Ipong-Bambang
Sufyanto, Founder The Republic Institute saat menunjukan hasil survei dua paslon jelang Pilbup Ponorogo 2020.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - The Republic Institute merilis hasil survei Cabup-Cawabup Ponorogo jelang Pilkada Serentak 9 Desember mendatang, Kamis (3/12/2020). Penelitian dan survei ini dilakukan oleh Fatckhul Mujib, kandidat Doktor Charles University Praha, Republic Ceko.

Sufyanto, Founder The Republic Institute, menyatakan survei ini menggunakan teknik pengambilan sampel multi stage random. Ada 600 responden yang dilibatkan, tersebar di 21 kecamatan.

"Survei dilakukan pada tanggal 22 hingga 30 November 2020, dengan margin error sebesar 3,8 persen," ujar Sufyanto.

Hasil survei Cabup-Cawabup Ponorogo ini cukup mengejutkan. Sufyanto memaparkan, elektabilitas pasangan calon Sugiri Sancoko dan Lisdyarita, mengungguli petahana dengan selisih cukup signifikan. Elektabilitas Sugiri Sancoko dan Lisdyarita mencapai 52,7% sedangkan Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono sebesar 42,5%. Sementara yang menyatakan tidak tahu terdapat 4,8%.

"Jadi ini benar-benar penelitian untuk kandidat Doktor Charles University Praha Republic Ceko dari Fatchul Mujib. Hal itu disebabkan, Pilkada di Ponorogo sangat baik untuk dicermati," paparnya.

Menurutnya, selisih antara Sugiri-Lisdyarita dan Ipong-Bambang yang terpaut 10,2% itu mengejutkan. Mengingat, Ipong-Bambang adalah paslon petahaha.

"Terdapat faktor atau variabel utama yang menyebabkan incumbent tidak lagi memperoleh simpati kesukaan dan pilihan bagi masyarakat Ponorogo untuk melanjutkan kepemimpinan pada periode kedua. Menurut analisis kami, faktor utama yang mengalihkan pilihan masyarakat adalah kinerja bupati di berbagai sektor penting yang dinilai kurang maksimal, karena kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati tergolong rendah, yaitu 60,2%," paparnya.

Dengan selisih 10 persen dan sisa waktu coblosan yang kurang 6 hari, pria yang memiliki pengalaman di bidang riset voting behavior ini menilai petahana akan kesulitan menyusul rivalnya.

"Meskipun masih ada peluang bergeser hasilnya, baik bagi Paslon nomor urut 1 maupun Paslon nomor urut 2," tandasnya.

"Dari sisi popularitas, kedua cabup sudah sangat populer di kalangan pemilih. Cabup nomor 2 masih tertinggi sebesar 97,2%, sementara Paslon 1 sebesar 96,8%. Untuk liketabilitas, Paslon 1 93% dan Paslon 2 sebesar 85,3%," pungkasnya. (nov/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...