Sebanyak 300 Perusahaan Ikuti Sosialisasi UMK Sidoarjo Tahun 2021

Sebanyak 300 Perusahaan Ikuti Sosialisasi UMK Sidoarjo Tahun 2021 SAMBUTAN: Pj. Bupati Hudiyono saat sosialisasi UMK Sidoarjo 2021, Senin (7/12/2020). (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Untuk kesiapan pemberlakuan UMK (Upah Minimum Kabupaten) 2021, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo memfasilitasi elemen terkait seperti kalangan pengusaha, Dewan Pengupahan, Apindo, dan Federasi SPSI menyosialisasikan UMK 2021 di Pendapa Delta Wibawa, Senin (7/12/2020).

Diketahui, Kabupaten Sidoarjo termasuk daerah ring 1 yang mengalami kenaikan UMK sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/538/KPTS/013/2020 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2021.

Kepala Disnaker Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati mengapresiasi tertibnya semua tamu undangan untuk protokol kesehatan Covid-19. Selanjutnya, dengan adanya keputusan Gubernur Jawa Timur tentang UMK tahun 2021, Kabupaten Sidoarjo berkewajiban untuk melaksanakan sosialisasi UMK 2021.

“Kegiatan yang berlangsung dari pagi tadi hingga siang diikuti kurang lebih 300 perusahaan di Kabupaten Sidoarjo,” jelas Fenny Apridawati.

Kata Fenny, dalam sosialisasi ini, pihaknya juga memohon perusahaan tetap berkoordinasi dan berkonsultasi kepada Disnaker Kabupaten Sidoarjo tanpa melalui kuasa hukum.

"Karena ini juga membawa dampak untuk realisasi bantuan transport Covid-19 terhadap karyawan yang di-PHK dan dirumahkan," tandas Fenny.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono kembali menegaskan, apa pun kegiatannya, apa pun programnya, tetap harus memprioritaskan protokol kesehatan Covid-19.

Hasil dari inspeksi mendadak ke beberapa perusahaan beberapa bulan lalu, perusahaan di Kabupaten Sidoarjo cukup disiplin dengan protokol kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Hudiyono juga mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha Sidoarjo, meskipun Sidoarjo juga terkontraksi Covid-19, namun indikasi-indikasi pergolakan ekonomi tetap berjalan.

"Di Sidoarjo ini kalau diberlakukan aturan dengan dipadukan inflasi dan aturan pertumbuhan ekonomi saya kira UMK-nya tambah besar kita, karena pertumbuhan ekonomi Sidoarjo 5,85,” tandas Cak Hud, panggilan karib Hudiyono. (sta/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO