Selasa, 02 Maret 2021 15:29

Masa Pandemi, Jumlah Partisipasi Pemilih di Pilkada Trenggalek Meningkat

Selasa, 15 Desember 2020 18:02 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Masa Pandemi, Jumlah Partisipasi Pemilih di Pilkada Trenggalek Meningkat
Rapat Pleno Rekapitulasi KPU di Hotel Hayam Wuruk, Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Partisipasi pemilih di Pilkada Trenggalek 2020 tercatat meningkat dibanding pilkada sebelumnya, meski digelar di tengah pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, partisipasi pemilih pilkada tahun ini meningkat dibanding pilkada lima tahun yang lalu. Peningkatannya 0,1 persen," kata Ketua KPU Trenggalek, Gembong Derita Hadi ketika dikonfirmasi melalui saluran telepon, Selasa (15/12).

Untuk itu, Gembong menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek yang telah berpartisipasi menyalurkan hak suaranya.

Dikatakan oleh Gembong, peningkatan angka partisipasi pemilih tersebut didasarkan pada rapat rekapitulasi KPU Trenggalek yang digelar hari ini (Selasa) di Hotel Hayam Wuruk, Trenggalek.

Dijelaskan oleh Gembong, pada pilkada tahun ini Daftar Pemilih Tetap atau DPT ditetapkan sebanyak  581.880 pemilih. Sementara jumlah pemilih yang hadir di TPS (Tempat Pemungutan Suara) adalah 395.114.

Sehingga apabila dipersentase, partisipasi pemilih pada Pilkada Tahun 2020 sebesar 67,9 persen, meningkat 0,1 persen dibanding Pilkada Tahun 2015 yang saat itu 67,8 persen.

Ia bersyukur atas peningkatan itu, karena pilkada tahun ini cukup sulit lantaran harus dihelat di tengah pandemi Covid-19. Ia mengaku sempat khawatir jika jumlah pemilih akan mengalami penurunan.

"Namun berkat kerja keras dari seluruh jajaran kami, alhamdullilah jumlah partisipasi meningkat. Dan sekali lagi saya sampaikan terima kasih pada seluruh jajaran KPU. Mulai dari tingkat kabupaten hingga desa yang telah bekerja keras serta para pihak yang turut serta mensukseskan Pilkada Trenggalek tahun ini," tutupnya. (man/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Selasa, 02 Maret 2021 10:04 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Para tokoh konservatif di-bully. Gara-gara mereka dikabarkan menyembah berhala emas Donald Trump. Ini mengingatkan pada kasus jaman Nabi Musa. Tapi pendeta Tommy Zegan, sang pembuat patung membantah. Lalu bagaimana...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...