Ada yang Buang Sampah Sembarangan, Segera Laporkan ke DLHK Sidoarjo Pakai e-Lingk

Ada yang Buang Sampah Sembarangan, Segera Laporkan ke DLHK Sidoarjo Pakai e-Lingk Kepala DLHK Sidoarjo Sigit Setyawan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Melihat ada pencemaran lingkungan atau ada sampah dibuang sembarangan, segera laporkan. Sekarang, cara melapor lebih mudah karena Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo sudah memiliki sebuah aplikasi bernama e-Lingk.

Melalui aplikasi di android ini, masyarakat bisa lebih cepat melaporkan kondisi lingkungannya. Seperti ketika melihat ada pencemaran lingkungan, ada yang buang sampah sembarangan di sungai atau buang sampai di tempat yang tidak sesuai, ada pohon tumbang atau perlu dikepras, lampu PJU (penerangan jalan umum) mati, taman yang rusak, bau menyengat, lampu hias rusak, dan sebagainya.

“Sistem dalam aplikasi itu juga kami rancang dengan sangat sederhana dan simpel. Tinggal menulis apa yang hendak dilaporkan, kemudian menyertakan lokasi dengan map, dan mem-posting fotonya. Laporan akan langsung diterima tim kami di DLHK,” kata Kepala DLHK Sidoarjo Sigit Setyawan, Selasa (15/12/20).

Begitu laporan masuk ke dinas, tim akan menyampaikan aduan ke unit yang berwenang. Dan secepatnya merespons laporan itu dengan turun langsung ke lapangan.

“Setelah laporan selesai ditindaklanjuti, masyarakat atau pelapor akan langsung mendapat notifikasi melalui aplikasi tersebut,” lanjut Sigit.

Cara penggunaan aplikasi e-Lingk memang terbilang sangat mudah. Pertama, tentu harus download di playstore. Kemudian login dengan memasukkan nama, nomor telepon, dan NIK. Setelah masuk, pengguna bisa langsung memanfaatkannya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO