Panen Perdana Uji Coba Padi Hidroganik Kerja Sama Petani Giligenting dengan ITS, Begini Hasilnya

Panen Perdana Uji Coba Padi Hidroganik Kerja Sama Petani Giligenting dengan ITS, Begini Hasilnya Panen perdana hasil uji coba padi hidroganik.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep bersama Bumi Iboe Institut Teknologi Sepuluh November () Surabaya melakukan panen perdana hasil dari uji coba penanaman padi hidroganik di Desa Aenganyar, Rabu (23/12) kemarin.

Camat Giligenting, Abdul Hasan, S.Sos. menyatakan, uji coba penanaman padi dengan menggunakan sistem media hidroganik tersebut cukup berhasil. Padi bisa tumbuh di Pulau Karang. Kegiatan tersebut menunjukkan bahwa inovasi harus terus dilakukan, terutama yang berkenaan dengan ketahanan pangan.

“Kami berharap dengan panen perdana ini mampu menjadi inspirator dan titik awal bagi masyarakat Pulau Giligenting untuk siap melakukan perubahan yang besar di bidang pertanian,” ungkapnya, Rabu (23/12) kemarin.

Sementara Kepala Desa Aenganyar, Herman Buhari berharap uji coba ini menjadi awal untuk mengembangkan padi di Pulau Karang dengan sistem terbaru.

“Kegiatan ini dilakukan dari hasil kolaborasi Bumi Iboe Surabaya, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Sumenep, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Fajar Rembulan”, yang mendapat apresiasi dari elemen masyarakat terkait harapan yang mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” ujar Herman Buhari yang juga motivator di wilayah Kecamatan Giligenting.

Sementara Koordinator Bumi Iboe Surabaya, Adi Mas, membuka lebar kesempatan kepada pihak Kecamatan Giligenting maupun Pemdes Aenganyar untuk menindaklanjuti pengembangan padi hidroganik ke depan, sebagai pengembangan BUMDes. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO