Gus Yani Calon Ketua DPC PKB Gresik (?)

Gus Yani Calon Ketua DPC PKB Gresik (?) M. Syuhud Almanfaluty.

Oleh: M. Syuhud Almanfaluty*

Musyawarah Wilayah (Muswil) PKB Jawa Timur kembali memilih Abdul Halim Iskandar sebagai Ketua DPW PKB Jawa Timur masa bakti 2021-2026. Terpilihnya kembali Abdul Halim sebagai Ketua DPW PKB Jatim sudah diprediksi banyak kalangan. Sehingga, Muswil DPW PKB Jatim kali ini bisa dibilang berjalan lempeng-lempeng saja.

Namun tetap ada yang menarik pasca muswil tersebut. Pasalnya, komposisi kepengurusan DPW PKB Jatim masa khidmat 2021-2026 yang disusun oleh tim formatur dihuni sejumlah calon kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2020 lalu.

Salah satunya, ada nama atau yang akrab disebut Gus Yani, Cabup Gresik terpilih.

Munculnya nama Gus Yani dalam jajaran pengurus DPW PKB Jatim membuat publik kaget. Terlebih, partai politik (parpol) pengusung Gus Yani pada Pilkada 2020 lalu. Yakni Golkar, PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat, PPP, dan PAN.

Bahkan, sejumlah tokoh, kader, dan simpatisan juga terkejut nama Gus Yani muncul di susunan pengurus harian DPW PKB. Padahal, saat pilkada lalu, PKB tak mengusung Gus Yani.

Namun, begitulah politik. Semua kemungkinan bisa terjadi. Politik tak lepas dari kesempatan dan keuntungan untuk meraih sesuatu yang diinginkan.

Penulis jauh hari sebelum pelaksanaan Pilkada Gresik 2020, pernah berbincang dengan Nurhudi Didin Arianto, salah satu pentolan DPD NasDem Kabupaten Gresik. Kepada penulis, pria yang karib disapa Gus Nur itu menyatakan bahwa siapa pun yang memenangi Pilkada Gresik 2020, merupakan kemenangan .

"Jika Pilkada Gresik 2020 dimenangkan Cabup Moh. Qosim adalah kemenangan PKB. Sebaliknya, jika pilkada dimenangkan , juga kemenangan PKB, " ujar Gus Nur kepada penulis, dua bulan sebelum gelaran Pilkada Gresik, 9 Desember 2020.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO