Minggu, 17 Januari 2021 01:51

​Peras Kades, Oknum LSM Rangkap Wartawan di Tuban Ditangkap Polisi

Rabu, 13 Januari 2021 18:22 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
​Peras Kades, Oknum LSM Rangkap Wartawan di Tuban Ditangkap Polisi
Djoko Djoewono (55) Warga Kelurahan Kebonsari, Kabupaten Tuban ditangkap jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Jenu. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Djoko Djoewono (55) Warga Kelurahan Kebonsari, Kabupaten Tuban ditangkap jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Jenu setelah terbukti memeras Kepala Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Rabu (13/1/2021).

Djoko yang sehari-hari membawa identitas LSM Tipikor Lembaga Pengawasan Reformasi Indonesia (LPPRI) dan merangkap sebagai wartawan angkasapos.com tersebut dalam aksinya selalu mengancam para narasumber. Ternyata, pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama di daerah Kabupaten Trenggalek.

Kapolsek Jenu AKP Rukimin mengatakan, pelaku ditangkap di rumahnya, setelah Kades Mentoso melaporkan pada petugas. Kades Mentoso mengaku telah diperas senilai Rp 6 juta dengan ancaman akan membuka privasi jika tidak memberi. Berdasar dari laporan itu, petugas langsung bergerak dan menangkap pelaku.

"Berdasarkan perkembangan, pelaku ini ternyata setiap harinya mengaku sebagai LSM dan wartawan, dan suka menakut-nakuti narasumber," terangnya.

Hasil pemeriksaan terhadap handphone pelaku, ternyata aksi serupa juga dilakukan di daerah lain. Seperti Bojonegoro, Lamongan, Jombang, dan lain sebagainya. Pelaku tidak beraksi sendirian, tapi bersama rekannya yang lain.

Demi penyelidikan lebih lanjut, petugas kepolisian telah mengamankan barang bukti (BB) uang Rp 5 juta, 2 buah handphone, dan 1 unit mobil.

"Atas perbuatan pelaku dikenakan Pasal 368 tentang pemerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," paparnya.

Sementara itu, Kapolsek Jenu mengimbau agar masyarakat terutama kepada kades agar tidak takut terhadap seseorang yang mengaku LSM maupun wartawan. Jika tujuannya ada indikasi memeras, maka sebaiknya segera melaporkan pada pihak yang berwajib.

"Segera melapor jika ada oknum LSM atau wartawan yang memeras," sarannya. (wan/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...