Kemenag Lamongan: Pelaksanaan Ibadah Haji 2021 Belum Ada Kepastian

Kemenag Lamongan: Pelaksanaan Ibadah Haji 2021 Belum Ada Kepastian Plt Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan, H. Sunhaji.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan ibadah tahun ini masih belum ada kepastian. Hal itu karena kondisi pandemi Covid-19 yang hingga kini belum reda. Hal ini disampaikan Plt. Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan, H. Sun.

"Penyelenggaraan ibadah tahun ini belum ada kepastian, tetapi kami (Kemenag) selaku penyelenggara tetap siap. Karena tahun 2020 sudah ada 1.660 Calon Jemaah Haji (CJH) yang tertunda keberangkatannya," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com di kantornya, Rabu (20/1) siang.

Dijelaskan Sun, semua rangkaian perjalanan ibadah tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah Indonesia dan kebijakan Pemerintah Arab Saudi.

"Kebijakan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Agama tidak bisa dilepaskan dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi," ujarnya.

Menurut Sun, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung membaik ini, belum bisa memastikan apakah penyelenggaraan Ibadah Haji 2021 bisa dilaksanakan.

Namun demikian, tambah Sun, bukan tidak mungkin Pemerintah Arab Saudi akan membuka penyelenggaraan ibadah dengan kuota tertentu.

"Dalam kondisi demikian, bisa saja Pemerintah Arab Saudi menyelenggarakan ibadah denga kuota tertentu seperti halnya pelaksanaan ibadah umroh," pungkasnya. (qom/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO