Masuk Zona Hitam, Penanganan Covid-19 di Kecamatan Kanigoro Jadi Perhatian Khusus

Masuk Zona Hitam, Penanganan Covid-19 di Kecamatan Kanigoro Jadi Perhatian Khusus Kapolres Blitar AKBP Leonard M. Sinambela. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar mendapatkan perhatian khusus soal penanganan Covid-19. Hal ini karena kecamatan yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Blitar itu masuk menjadi zona hitam penularan Covid-19.

Kapolres Blitar AKBP Leonard M. Sinambela mengatakan bahwa diperlukan kekompakan dan kerja sama semua elemen dalam menekan dan mencegah penularan Covid-19.

"Kecamatan Kanigoro masuk sebagai zona hitam dan penyumbang terbanyak pasien konfirmasi di Kabupaten Blitar, sehingga Kanigoro saya pilih sebagai kecamatan pertama yang saya kunjungi begitu saya resmi bertugas di Blitar. Kami bertemu tiga pilar untuk menyamakan persepsi soal penanganan Covid-19," ujar Leonard, Jumat (22/1/2021).

Dia meminta bhabinkamtibmas dan babinsa yang bertugas di Kanigoro serta perangkat desa, lebih intens melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Termasuk edukasi soal isolasi mandiri bagi pasien tanpa gejala, agar tidak menimbulkan klaster keluarga.

"Semakin banyak warga terpapar yang melaksanakan isolasi mandiri menjadi salah satu penyebab bertambahnya klaster keluarga. Apalagi kalau mereka tidak disiplin. Sampaikan kepada warga yang positif untuk melakukan isolasi di tempat yang disediakan pemerintah. Covid-19 ini bukan aib, warga yang positif jangan takut diisolasi, lalu yang berada di sekitarnya juga jangan sampai mengucilkan," tegasnya.

Selain itu, dia menekankan agar masyarakat ikut berperan dalam penanganan Covid-19 dengan mendisiplinkan kembali penerapan protokol kesehatan yang mulai kendor. "Semakin rendah kesadaran masyarakat untuk menjalankan prokes, semakin tinggi risiko terpapar Covid-19," imbuhnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan bahwa Kecamatan Kanigoro menjadi penyumbang terbanyak kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar. Ada 79 kasus Covid-19 di Kecamatan Kanigoro. Sedangkan jumlah total kasus kumulatif Covid-19 di Kabupaten Blitar saat ini mencapai 2.988 dengan angka kesembuhan 2.233 dan angka kematian 223.

"Mapping di masing-masing kecamatan semua masuk zona merah. Bahkan untuk Kecamatan Kanigoro ditetapkan sebagai zona hitam karena kasusnya lebih tinggi dibandingkan kecamatan lain," pungkasnya. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO