Minggu, 28 Februari 2021 16:39

Masuk Zona Hitam, Penanganan Covid-19 di Kecamatan Kanigoro Jadi Perhatian Khusus

Jumat, 22 Januari 2021 15:40 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Masuk Zona Hitam, Penanganan Covid-19 di Kecamatan Kanigoro Jadi Perhatian Khusus
Kapolres Blitar AKBP Leonard M. Sinambela. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar mendapatkan perhatian khusus soal penanganan Covid-19. Hal ini karena kecamatan yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Blitar itu masuk menjadi zona hitam penularan Covid-19.

Kapolres Blitar AKBP Leonard M. Sinambela mengatakan bahwa diperlukan kekompakan dan kerja sama semua elemen dalam menekan dan mencegah penularan Covid-19.

"Kecamatan Kanigoro masuk sebagai zona hitam dan penyumbang terbanyak pasien konfirmasi di Kabupaten Blitar, sehingga Kanigoro saya pilih sebagai kecamatan pertama yang saya kunjungi begitu saya resmi bertugas di Blitar. Kami bertemu tiga pilar untuk menyamakan persepsi soal penanganan Covid-19," ujar Leonard, Jumat (22/1/2021).

Dia meminta bhabinkamtibmas dan babinsa yang bertugas di Kanigoro serta perangkat desa, lebih intens melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Termasuk edukasi soal isolasi mandiri bagi pasien tanpa gejala, agar tidak menimbulkan klaster keluarga.

"Semakin banyak warga terpapar yang melaksanakan isolasi mandiri menjadi salah satu penyebab bertambahnya klaster keluarga. Apalagi kalau mereka tidak disiplin. Sampaikan kepada warga yang positif untuk melakukan isolasi di tempat yang disediakan pemerintah. Covid-19 ini bukan aib, warga yang positif jangan takut diisolasi, lalu yang berada di sekitarnya juga jangan sampai mengucilkan," tegasnya.

Selain itu, dia menekankan agar masyarakat ikut berperan dalam penanganan Covid-19 dengan mendisiplinkan kembali penerapan protokol kesehatan yang mulai kendor. "Semakin rendah kesadaran masyarakat untuk menjalankan prokes, semakin tinggi risiko terpapar Covid-19," imbuhnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan bahwa Kecamatan Kanigoro menjadi penyumbang terbanyak kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar. Ada 79 kasus Covid-19 di Kecamatan Kanigoro. Sedangkan jumlah total kasus kumulatif Covid-19 di Kabupaten Blitar saat ini mencapai 2.988 dengan angka kesembuhan 2.233 dan angka kematian 223.

"Mapping di masing-masing kecamatan semua masuk zona merah. Bahkan untuk Kecamatan Kanigoro ditetapkan sebagai zona hitam karena kasusnya lebih tinggi dibandingkan kecamatan lain," pungkasnya. (ina/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah,  saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara,...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...