Kunjungan Dapil, Anggota DPR RI Syafiuddin Siap Jadi Fasilitator Pemuda dalam Pembangunan Daerah

Kunjungan Dapil, Anggota DPR RI Syafiuddin Siap Jadi Fasilitator Pemuda dalam Pembangunan Daerah Anggota Komisi V DPR RI Syafiuddin Asmoro saat menjadi narasumber dalam acara Intermediate Training (LK-II) Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - , Anggota Komisi V menyatakan siap jadi fasilitator peningkatan kapasitas kepemudaan dalam proses pembangunan daerah.

Hal ini diungkapkannya saat menjadi narasumber dalam acara Intermediate Training (LK-II) Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Bangkalan di Gedung Disperinaker Bangkalan, Minggu (31/1/2021). Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka kunjungan dapil yang meliputi 4 kabupaten di Pulau Madura.

Dalam kesempatan ini, Syafiuddin mengaku siap memfasilitasi segala hal yang berkaitan dengan kepemudaan. Dengan cara memberikan penyadaran, pemberdayaan, pengembangan kepemimpinan, kewirausahaan, bahkan penghargaan.

"Pemuda memiliki peluang dan peran yang strategis dalam pembangunan desa dan daerah. Seperti, karang taruna, pengambangan wisata desa, maupun inovasi desa sebagaimana dikembangkan oleh Kementerian Desa," ujarnya.

Karena itu dirinya berharap, investasi dasar dalam pembangunan daerah terus dilakukan oleh masyarakat itu sendiri. Apalagi, kultur kedaerahan diakuinya bisa menjadi salah satu penghambat pembangunan, seperti halnya pemikiran bahwa kemajuan akan merusak agama, moral, dan budaya.

"Jika masyarakatnya sudah siap, maka investasi terkait kelayakan infrastruktur, dukungan regulasi, keamanan, dan kenyamanan menjadi faktor pendukung lainnya dalam kemajuan pembangunan daerah," ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Mukaffi, Pj Ketua HMI Cabang Bangkalan berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kepekaan dan mengasah kemampuan para kader HMI di bidang pendidikan.

"Intermediate Training (LK-II) tingkat nasional ini merupakan kegiatan tahunan yang wajib yang dilakukan pengurus cabang di setiap pergantian ketua umum. Semoga dengan adanya kegiatan ini, HMI bisa memberikan manfaat bagi para anggota dan masyarakat," pungkasnya. (ida/uzi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO