GPK Jombang Gelar Trauma Healing pada Korban Banjir Jombok

GPK Jombang Gelar Trauma Healing pada Korban Banjir Jombok Ketua GPK Jombang, H Mujtahidur Ridho saat menghibur anak-anak korban banjir di Desa Jombok, Kecamatan Kesamben. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Bencana, selalu saja meninggalkan beban psikologi pagi para korbannya. Tidak terkecuali dengan korban banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Beranjak dari kepedulian tersebut, Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Jombang menggelar kegiatan trauma healing dengan menyasar anak-anak, pada Minggu (07/02/21). Giat itu mendapatkan tanggapan yang positif dari masyarakat.

Ketua , H Mujtahidur Ridho, menjelaskan tentang perlakuan yang diberikan pada anak-anak. Pihaknya memberikan terapi bermain dengan tujuan meningkatkan kebahagiaan pada anak korban bencana, menurunkan tingkat kecemasan anak terhadap peristiwa bencana banjir, sebagai wadah anak mengekspresikan emosinya, dan meningkatkan dukungan sosial pada korban bencana.

“Untuk itu kami memberikan psikoedukasi terkait trauma dan memberikan terapi relaksasi. Tujuannya adalah menurunkan tingkat kecemasan terhadap peristiwa banjir, memberikan informasi dan edukasi kepada orang tua mengenai trauma dan cara mengatasi psikologis pada anak-anak agar lebih produktif dalam kesehariannya,” ujarnya.

BACA JUGA: Banjir Jombang, Ratusan Pengungsi Pilih Bertahan di Tanggul Brantas

Gus Edo sapaan akrab H Mujtahidur Ridho mengatakan, trauma healing tersebut dilakukan khusus untuk anak-anak yang saat itu tengah dilanda bencana banjir. Tujuannya untuk menghilangkan traumatik terkait bencana kala itu.

"Tujuan trauma healing yang kami laksanakan ini untuk mengurangi traumatis para anak-anak pasca bencana,” tegasnya.

Ia berharap melalui pemulihan psikologi ini anak-anak dapat kembali bersemangat untuk menikmati keadaan lingkungan sekitarnya dengan bermain tanpa ada rasa takut dengan kejadian yang sudah terjadi.

Selain melakukan trauma healing,  juga melakukan pencanangan penanaman pohon di kawasan Dusun Beluk dalam rangka penghijauan guna mencegah kembali terjadinya bencana banjir.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO