Vaksinasi Covid-19 Tahap I Dosis Kedua Kabupaten Pasuruan Dimulai Hari Ini

Vaksinasi Covid-19 Tahap I Dosis Kedua Kabupaten Pasuruan Dimulai Hari Ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan dr. Ani Latifah. (foto: ist)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi Covid-19 Tahap I Dosis Kedua di Kabupaten Pasuruan dimulai hari ini, Kamis (11/2/2021).  memulai tersebut di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan.

Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf mendapat urutan pertama disuntik vaksin produksi Sinovac tersebut. Kemudian, disusul 8 pejabat publik serta 3 orang dokter (tenaga kesehatan).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan dr. Ani Latifah mengatakan, tahap satu dosis kedua dilakukan setelah 14 hari dari dosis pertama. Selain para pejabat publik, dosis kedua ini juga menyasar ribuan tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Bangil, RSUD Grati, RS Prima Husada, maupun di 33 puskesmas di Kabupaten Pasuruan yang telah disuntik dosis pertama.

"Vaksinasi dosis kedua akan langsung membentuk imun di dalam tubuh. Aturannya memang dilakukan selang 14 hari pasca- dosis pertama. Semua berjalan lancar dan aman," katanya, Kamis (11/2/2021).

Dia menerangkan, sebelum divaksin seluruh penerima tetap harus melalui protap, yakni screening kesehatan. Langkah ini untuk memastikan kondisi tubuh dalam keadaan siap divaksin.

"Screening merupakan tahapan yang wajib dilalui oleh seluruh penerima vaksin," terangnya.

Dia menambahkan, total vaksin yang disuntikkan kepada para pejabat publik dan tenaga kesehatan sebanyak 4.451 orang. Namun, jumlah tersebut melebihi kuota yang diberikan oleh Pemprov Jatim, yakni sebesar 4.340 orang.

"Untuk itu, sisa 111 nakes yang belum divaksin akan dimintakan kembali melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur," tukasnya. (bib/par/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Usai Takziah ke Rumah Korban Covid-19, 22 Warga Pasuruan Terkonfirmasi Positif':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO