Kuat Menahan Berat Truk 100 Ton, Pakar ITS Pastikan Jembatan Joyoboyo Lolos Uji

Kuat Menahan Berat Truk 100 Ton, Pakar ITS Pastikan Jembatan Joyoboyo Lolos Uji Kedua truk besar dengan muatan masing-masing seberat 50 Ton saat mencoba kekuatan Jembatan Joyoboyo.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) mengundang pakar dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk bersama-sama melakukan uji kelayakan , Selasa (16/2/2021). Hasilnya, dipastikan telah memenuhi persyaratan sehingga sudah siap digunakan.

Saat di lokasi, para pakar telah menyiapkan keperluan uji kelayakan dengan memberikan simulasi beban. Ada beberapa tahapan untuk memastikan kekuatan jembatan yang terletak di sisi selatan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) itu.

Pakar Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof. Dr. Ir. Putu Raka menjelaskan, sebanyak dua truk besar diterjunkan dengan muatan masing-masing seberat 50 Ton, sehingga total keseluruhan 100 Ton. Berikutnya, tahap pertama truk berjalan beriringan, dengan kecepatan 5 kilometer per jam. Satu di depan, sedangkan satu truk lagi berada di belakang.

"Lalu kedua, truk kembali melintasi jembatan. Namun berbeda posisi, kali ini secara paralel. Artinya, truk berada di sebelah kiri dan kanan," kata Putu Raka.

Ia menjelaskan, dari pengujian tersebut, pihaknya mendata di antaranya yaitu ukuran lendutan. Lendutan atau defleksi adalah perubahan bentuk pada benda karena tertimpa beban. Oleh sebab itu, untuk konstruksi aspal beton, seperti , batasan kelendutan 1/800. Artinya, dari hasil pemeriksaan secara keseluruhan, defleksinya itu sudah memenuhi standar.

"Jadi jembatan ini sudah memiliki kemampuan layanan ketika menerima beban kendaraan atau beban yang lewat," ungkap Putu Raka.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO