Kamis, 25 Februari 2021 20:06

Kades Wringinanom Ingin Tingkatkan Ekonomi Warga Melalui BUMDes

Selasa, 23 Februari 2021 20:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Safiudin
Kades Wringinanom Ingin Tingkatkan Ekonomi Warga Melalui BUMDes
Yoko, Kepala Desa Wringinanom, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan langkah Yoko, Kepala Desa Wringinanom, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik untuk segera mendirikan BUMDes.

"BUMDes sangat penting dalam meningkatkan perekonomian desa, pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa," kata Yoko kepada awak media, Selasa (23/2/2021).

"Tentu dalam mencapai tujuan BUMDes dengan cara memenuhi kebutuhan (produktif dan konsumtif) masyarakat melalui pelayanan barang dan jasa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa," lanjutnya.

Menurut Yoko, BUMDes merupakan pilar ekonomi desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution). BUMDes sebagai lembaga sosial harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. 

"Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar," ucapnya.

Lanjut Yoko, dalam menjalankan usahanya, BUMDes harus mengedepankan prinsip efisiensi dan efektivitas. Di samping juga memperhatikan karakteristik lokal, potensi, dan sumberdaya yang dimiliki masing-masing desa. 

"Dengan demikian diharapkan keberadaan BUMDes mampu mendorong dinamisasi kehidupan ekonomi di perdesaan dan diharapkan mampu memaksimalkan potensi masyarakat desa dari aspek ekonomi, sumber daya alam dan sumber daya manusianya," sambungnya.

Yoko berharap BUMDes nantinya dapat menyerap tenaga kerja desa, meningkatkan kreativitas, dan membuka peluang usaha ekonomi produktif mereka yang berpenghasilan rendah.

"Maka dari itu bila BUMDes itu benar benar terwujud, saya mengajak masyarakat bersama-sama mengembangkan usaha milik desa yang ada. Supaya tercipta yang namanya desa mandiri, tangguh, maju, berdaulat," harapnya. (sda1/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Kamis, 25 Februari 2021 07:52 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dahlan Iskan, wartawan kondang ini memang punya wawasan luas tentang ekonomi. Maklum, ia punya background sebagai pengusaha sukses. Bahkan mantan menteri BUMN. Maka ketika menulis tentang revaluasi aset negara sangat...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...