Jumat, 23 April 2021 00:55

Jelang Pilkades Serentak Bangkalan, Saatnya Generasi Millenial Jadi Akselerator Pembangunan

Minggu, 07 Maret 2021 02:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Jelang Pilkades Serentak Bangkalan, Saatnya Generasi Millenial Jadi Akselerator Pembangunan
Surokim.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pilkades Serentak Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 yang digelar digelar 5 Mei mendatang diharapkan menjadi ajang generasi millenial untuk muncul sebagai pionir pembangunan di desanya masing-masing. Hal ini dilontarkan Surokim, pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura.

"Saatnya sosok muda millenial yang perlu membangun desa, anak muda visioner serta progresif, dan anak muda millenial menjadi akselarator pembangunan desa," ujar Surokim saat dihubungi BANGSAONLINE.com via sambungan telepon.

Menurutnya, anak muda yang kreatif bisa menjadi penggerak pembangunan desa. "Anak muda millenial kaya akan ide, ide generasi millenial yang out of the box dan inovatif," katanya.

Diketahui, ada 120 desa di Bangkalan yang bakal menggelar pilkades tahun ini. Sementara bakal calon kepala desa yang mendaftar ada 412 orang.

BACA JUGA : 

Pilkades Lomaer Masih Bisa Digelar Tahun Ini, TFPKD Minta BPD Bentuk P2KD

Gagal Temui Bupati Bangkalan, Pokmas Dua Desa Janji Akan Geruduk Kantor Pemkab Tiap Jam Kerja

Pelaksanaan Pilkades Tanah Merah Laok Resmi Ditunda

Meski Banyak Panitia P2KD Mengundurkan Diri, Masyarakat Desa Lomaer Minta Pilkades Tidak Ditunda

Surokim mengapresiasi partisipasi masyarakat Bangkalan dalam pilkades kali ini. Kata dia, banyaknya bakal calon pilkades menunjukkan demokrasi semakin terbuka.

"Semakin tingginya partisipan sebagai bukti sekat-sekat mulai terbuka, bahkan budaya semakin terkikis. Sebelumnya budaya mobilisasi, sekarang lebih ke partisipatif," ucap Surokim yang juga Dekan FISIB UTM ini, Sabtu (6/3/2021).

Namun, ia meminta kepada penyelenggara dalam hal ini Pemkab Bangkalan, agar menjunjung tinggi prinsip penyelenggaraan pilkades yang jujur dan adil. "Jangan sampai penyelenggara memihak," pesannya.

"Hal ini mengingat suhu rivalitas pilkades semakin tinggi, walaupun rivalitas pilkades kali ini tidak sekeras rivalitas head to head. Banyaknya calon akan dapat meredam rivalitas," pungkasnya. (uzi/zar/rev)

​Cendekiawan Muslim tak Tahu Jumlah Juz Al-Quran
Rabu, 21 April 2021 22:01 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 10 ini bercerita tentang seorang menteri yang juga pengurus organisasi cendekiawan muslim. M Mas’ud Adnan - narator anekdot Gus Dur - bercerita bahwa pada akhir kekuasaan ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...