Senin, 10 Mei 2021 01:54

Kunjungi BIN Cigar Jember, ​Wakil Ketua DPR RI Minta Ekonomi Kerakyatan Lebih Digiatkan Lagi

Kamis, 18 Maret 2021 22:53 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Kunjungi BIN Cigar Jember, ​Wakil Ketua DPR RI Minta Ekonomi Kerakyatan Lebih Digiatkan Lagi
Wakil Ketua DPR RI Dr. H Rachmat Gobel melihat salah satu karyawati BIN Cigar sedang bekerja melinting cerutu.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua DPR RI Dr. H Rachmat Gobel bersama rombongan Fraksi Partai Nasdem DPR RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jember. Salah satu yang menjadi jujukan adalah BIN Cigar, perusahaan rokok cerutu.

Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi IV, Komisi V, Komisi VI, dan Komsi VII Itu mengatakan, Jember memiliki potensi dari berbagai sektor, dan ini perlu dikembangkan untuk membangun ekonomi kerakyatan.

Salah satu potensi yang dimiliki Jember menurutnya adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). "Ekonomi kerakyatan ini harus dikembangkan, karena Jember sendiri seperti yang disampaikan Pak Bupati tadi bahwa Jember sudah mencapai 11 ribu UMKM. Ini potensi besar agar produk lokal bisa bersaing di nasional dan global," kata Rachmat.

Di masa pandemi Covid seperti sekarang ini, pemerintah masih fokus pada sektor kesehatan. "Tetapi kita akan kembangkan sektor lain, seperti pariwisata," ucapnya.

BACA JUGA : 

Bupati Jember Hendy Siswanto Lantik 59 Pj Kepala Desa

Bupati Hendy akan Jadikan Edamame Bagian dari Icon Jember

Dinilai Kurang Transparan, Proses Pembentukan Panitia Pilkades Jember Akan ​Dikawal Langsung DPRD

Lima Bulan Belum Gajian, ​PPDI Jember Wadul ke Komisi A

Terkait dengan BIN, perusaahan cerutu yang sudah dikenal di luar negeri ini, dirinya juga akan mendorong agar produk dari kota tembakau ini makin mengglobal. "Saya sangat kagum dan tentu ini harus mejadi perhatian, harus bisa menjadi produk global," tutupnya.

Sementara Bupati Hendi Siswanto memaparkan potensi yang ada di Kabupaten Jember, salah satunya adalah sektor pertanian. Yang mana Jember merupakan kabupaten penghasil tembakau yang sudah dikenal hingga ke luar negeri.

"Ini potensi yang sangat luar biasa, produk lokal seperti BIN bisa menghasilkan cerutu berkualitas baik dan pemasarannya sampai ke luar negeri," beber Hendi.

"Saya sebagai penanggung jawab di kabupaten ini, produk cerutu seperti BIN ini harus terus didorong agar lebih luas lagi pemasarannya," tambahnya saat mendimpingi wakil ketua DPR RI di pabrik BIN, Kamis sore (18/03/2021).

Ia melanjutkan bahwa cerutu di Jember harus bisa menjadi produk berstandar ekspor agar bisa setara dengan negara luar. "Ini yang saya banggakan, dengan kultur budaya yang luar biasa ini, dapat menjadi penunjang Jember ke depannya," lanjutnya.

"Sehingga Indonesia melihat bahwa tembakau itu akan menjadi salah satu produk unggul yang pantas ditunjang oleh pertanian kita," pungkasnya. (yud/eko/ian)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...