Sabtu, 15 Mei 2021 18:05

Soal Broker Penyunat Dana Hibah, Kiai Asep Dukung Sikap Tegas Gubernur Khofifah

Sabtu, 03 April 2021 16:54 WIB
Editor: mma
Soal Broker Penyunat Dana Hibah, Kiai Asep Dukung Sikap Tegas Gubernur Khofifah
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. foto: mma/ bangsaonline.com

BANYUWANGI, BANGAONLINE.com – Penyataan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang minta agar siapa pun yang menemukan atau mengetahuui broker penyunat dana hibah dilaporkan mendapat dukungan dari Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A.

“Kita semua seharusnya bangga punya gubernur berani seperti itu,” kata pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu usai memberikan ceramah dalam acara silaturahim para pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) dan wali santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Hotel Tanjung Asri Banyuwangi, Jumat (2/4/2021)

Menurut Kiai Asep, sikap tegas Gubernur Khofifah itu harus didukung semua pihak. Sebab akan membawa perubahan Jawa Timur lebih baik ke depan. “Sikap Ibu Khofifah itu kan dalam rangka Indonesia maju, adil dan makmur,” tegas Kiai Asep yang Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) itu.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersikap tegas terhadap broker yang menyunat dana hibah untuk masyarakat. Gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengaku sudah mendengar informasi tentang penyunatan dana hibah.

BACA JUGA : 

Gubernur Khofifah Tinjau Penerapan Prokes Jatim Park 3 dan Taman Selecta Batu

Sowan Idul Fitri, Danrem 082/CPYJ Ngaku Putra Kiai Asep Saifuddin Chalim

Silaturahim dengan MWC se-Mojokerto, Kiai Asep Komitmen Jaga Persatuan Bangsa

Obati Rindu PMI Jatim, Gubernur Khofifah Ajak Makan Bersama Ketupat Sayur dan Lepet di Asrama Haji

“Saya dengar ada yang dapat sekian persen, sekian persen. Saya mohon panjenengan menjawab tidak. Kasihan yang mestinya masjidnya jadi, malah setengah jadi. Sekolah yang mestinya fasilitasnya lengkap, jadi tidak lengkap,” kata Gubernur Khofifah dalam acara Sosialisasi Bantuan Hibah Tahap II Pemprov Jatim tahun 2021 di Hotel Savana Kota Malang, Senin (29/3) malam.

"Ini pertama kalinya saya hadir dalam sosialisasi bantuan hibah. Karena saya ingin memastikan bahwa hibah dari Pemprov Jatim utuh tanpa terkurangi, semua tersalurkan ke masyarakat. Karena saya sempat mendengar ada yang tidak utuh menerimanya. Saya minta ke depan hak itu tidak terjadi lagi," kata Khofifah.

Menurut dia, jika sampai ada oknum yang terindikasi melakukan pemotongan dana hibah, agar segera dilaporkan dengan detail dan jelas. Ia berjanji akan melindungi privasi pelapor agar pemotongan dana hibah tidak terjadi lagi.

“Saya akan jaga privasi jenengan. Silakan laporkan detail. Jangan buat surat kaleng,” tegasnya. Dengan begitu pengawasan akan lebih maksimal.

Sikap tegas Gubernur Khofifah itu tidak hanya disampaikan di acara Sosialisasi Bantuan Hibah Tahap II Pemprov Jatim tahun 2021. Tapi juga diunggah di akun instagram peribadinya: khofifah ip.

Karuan saja banyak netizen mendapat komentar beragam. Banyak yang mendukung langkah Gubernur Jatim itu.Namun ada juga yang mengungkap bahwa pemotongan secara tak halal itu sudah biasa dan selalu terjadi. “Kita ajukan katakan 100jt…kita tanda tangan 100jt..eh..nerimanya kena potongan 30%...sudah rahasia umum…Kalo kita gak mau ya gak jadi dapat,” tulis akuh luxurymasionggroup.

Sebagian lain minta agar diberi informasi cara untuk melaporkan.

Sebelumnya, BANGSAONLINE.com juga memberitakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengalokasikan anggaran hibah sebesar Rp 1,257 triliun dan siap dicairkan di tahun 2021 ini.

Bantuan hibah tersebut digunakan untuk pembangunan tempat peribadatan, lembaga pendidikan dan juga kegiatan untuk kelompok masyarakat, untuk irigasi tersier dan lain-lain. (mma)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...