DPW PKB Jatim Minta Perempuan Bangsa Ekspansi Jaringan ke Perempuan Milenial

DPW PKB Jatim Minta Perempuan Bangsa Ekspansi Jaringan ke Perempuan Milenial Sekretaris DPW PKB Jatim sekaligus Ketua DPW Perempuan Bangsa Jatim demisioner, Anik Maslachah memberi sambutan dalam Muswil PB Jatim yang secara aklamasi memilih Hikmah Bafaqih sebagai Ketua DPW PB Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - (PB) sebagai salah satu badan otonom (Banom) Partai Kebangkitan Bangsa diharapkan bisa memperkuat basis pemilih PKB pada Pemilu 2024 yang akan digelar serentak.

Harapan itu disampaikan Sekretaris DPW , dalam Muswil DPW Jatim.

Menurut Ketua Jatim demisioner itu, tak bisa dipungkiri basis pemilih perempuan untuk PKB berasal dari anggota dan kader Fatayat serta Muslimat NU. Karena itu, PB diminta memperkuat basis suara tradisional PKB tersebut.

"Satu di antara hasil Muswil PB ini kita memperkuat basis tradisional pada Muslimat dan Fatayat. Selain juga ekspansi jaringan di luar ceruk tersebut. Utamanya kelompok perempuan milenial," pesan , Minggu (11/4/2021).

Perempuan pertama yang menjadi pimpinan DPRD Jatim pasca reformasi ini menambahkan, agenda terpenting dalam Muswil PB Jatim ini adalah membahas supporting perempuan dalam kemenangan PKB di pemilu 2024 nanti. Salah satunya adalah sedini mungkin melakukan rekruitmen calon legislatif. Baik dari kalangan perempuan maupun dari kalangan (GenZ) perempuan.

Langkah ini dilakukan karena jumlah pemilih perempuan lebih banyak daripada laki-laki dan hasil survei pemilih PKB di pemilu 2019 lalu lebih banyak perempuan dengan usia matang mayoritas 40 tahun.

“Maka saat inilah waktunya kita menangkap bonus demografi bahwa perlu merekrut perempuan dari generasi milennial untuk men-support kemenangan mutlak PKB di Pileg, Pilpres maupun Pilkada serentak tahun 2024,” tandas alumnus Unesa Surabaya ini.

Terpisah, Hikmah Bafaqih, Ketua DPW Jatim terpilih mengungkapkan sejatinya yang aktif dan bersama PB sebagian besar tetaplah Muslimat NU dan Fatayat NU. Karena PB adalah Banom partai, maka kerja-kerja politik kepartaian tentu menjadi lebih kental. Namun ceruk suara perempuan lain pasti tetap menjadi garapan. Hal itu linier dengan platform PKB sebagai partai yang inklusif.

Untuk jangka pendek, Hikmah mengatakan targetnya segera melaksanakan disiplin gerak sebagai banom partai dengan aktivitas yang terukur. Konsentrasi PB itu tentu adalah menjadi representasi utama partai dalam menguatkan dan mengadvokasi isu perempuan, anak serta kelompok marginal rentan lainnya.

"Target utama tentu menguatkan basis elektoral perempuan. Ini kontribusi yg jelas harus dapat diukur," tegas Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim itu. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO