Kamis, 13 Mei 2021 14:00

Lewat ASC Foundation, ​Kiai Asep Siapkan Sedekah 200 Ton Beras, Puluhan Ribu Sarung, dan Uang

Rabu, 14 April 2021 23:19 WIB
Editor: MMA
Lewat ASC Foundation, ​Kiai Asep Siapkan Sedekah 200 Ton Beras, Puluhan Ribu Sarung, dan Uang
Semua undangan yang hadir mendapat beras 5 Kg, sarung dan uang transport. Tampak saat pembagian beras di samping Masjid Kampus KH. Abdul Chalim, Institut KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Rabu (14/4/2021). foto: mma/ bangsaonline.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Prof. Dr.  KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. mengundang perwakilan komunitas dari 18 kecamatan se-Kabupaten Mojokerto, Rabu (14/4/2021). Mereka diajak buka bersama dan istighatsah untuk keselamatan bangsa di Masjid Kampus Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto .

Saat menyampakan sambutan, Kiai Asep menyatakan bahwa akhir-akhir ini banyak sekali bencana menimpa negara Indonesia. Karena itu ia mengajak para undangan yang berada dalam masjid kampus IKHAC berdoa bersama.

“Untuk kesematan bangsa kita,” kata pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto itu.

Kepada BANGSAONLINE.com, Kiai Asep menjelaskan bahwa undangan yang hadir dalam acara itu 1.000 orang. Tapi tentu dengan protokol kesehatan. Maklum, tempatnya sangat luas. Bahkan Masjid Kampus KH Abdul Chalim itu dibangun tiga lantai.

BACA JUGA : 

Pindah ke Surabaya, Kiai Asep Bagikan Bingkisan pada Janda, Veteran, dan Warga Siwalankerto

11 Kepala Desa Angkut 11.000 Paket Sedekah Kiai Asep untuk Puluhan Ribu Warganya

Salat Malam, Ulama-Tokoh Jatim Cari Lailatul Qadar, juga Doakan Putri Ini Jadi Pemimpin Nasional

Ajak Konglomerat Peduli, Kiai Asep Salurkan Zakat 51 Ton Beras kepada Masyarakat Mojokerto

Yang menarik, selain buka bersama, semua yang hadir diberi beras 5 Kg, sarung, dan uang transport. Karena itu warga sangat senang jika diundang Kiai Asep. 

"Ada yang tak dikasih tahu pasti protes. Tapi saya sudah bilang agar nanti diikutkan pertemuan berikutnya," kata Sobirin, koordinator acara pertemuan itu.  

(Ibu-ibu menunggu buka puasa sambil istighatsah di dalam Masjid KH Abdul Chalim. foto: mma/ bangsaonline.com)

Menurut Kiai Asep, acara pertemuan ini baru mulai. Artinya, selama bulan Ramadan ini Kiai Asep akan terus mengundang masyarakat sekaligus diberi beras, sarung dan uang tunai.

“Nanti akan ada pertemuan berikutnya. Semuanya 23 pertemuan,” kata kiai miliarder tapi dermawan itu.

Lalu berapa beras yang disiapkan? “Sebanyak 200 ton,” kata Kiai Asep yang juga ketua umum Pengurus Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu).

(Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim memimpin salat jamaah maghrib. foto: mma/ bangsaonline.com)

Menurut Kiai Asep, semua sedekah itu kini disalurkan lewat Asep Saifuddin Chalim (ASC) Foundation yang baru ia dirikan. ASC Foudation tanpa badan hukum. Misi utama ASC Foundation hanya memberi untuk berbagi, tidak menerima sumbangan, dari siapapun, termasuk dari pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Kiprah ASC Foundatian ini tidak hanya di Mojokerto tapi meluas ke tingkat provinsi bahkan nasional. “Besok kita akan ke Malang untuk memberi bantuan kepada korban gempa bumi di Malang,” kata Kiai Asep sambil minta orang-orang dekatnya menyiapkan truck untuk beras dan mie yang akan disumbangkan pada para korban gempa.

“Saya juga akan turun,” kata KH Abdul Chalim, putra pendiri NU itu. (mma)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...