PMI Jember Gelar Donor Darah di Masjid Jami' Darul Muttaqin Balung Usai Salat Tarawih

PMI Jember Gelar Donor Darah di Masjid Jami Para jamaah Masjid Jami' Jember sedang melakukan donor darah usai Salat Tarawih.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Puasa Ramadan 1442 H tak menghalangi umat Islam yang menjadi relawan pendonor untuk tetap bersedakah melalui donor darah. Puluhan warga yang tinggal di sekitar Masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung, , misalanya, tetap ikut donor darah usai .

“Kegiatan donor darah di Masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung sudah rutin. Kesadaran masyarakat sekitar untuk donor darah cukup tinggi, minimal bisa sedekah darah untuk sesama yang membutuhkan,” kata H. E. A, Zaenal Marzuki, S.H., M.H. Ketua PMI Kabupaten .

Dia menuturkan, puasa tidak menghalangi para relawan pendonor darah untuk tetap donor darah. “Kalau tidak puasa donor darah bebas dilakukan, kalau pas Puasa Ramadan lebih baik dilakukan pada malam hari. Kebetulan di masjid-masjid pada Ramadan digelar sehingga usai mereka donor darah,” imbuhnya.

Tidak hanya mereka yang ikut saja yang ikut donor darah. Banyak warga sekitar masjid yang ikut ikut datang saat donor darah dimulai.

“Masyarakat sekitar masjid juga banyak yang ikut donor darah. Ini bukti bahwa kesadaran masyarakat untuk ikut donor darah meningkat,” ujarnya.

Apalagi, sambungnya, selama Ramadan ada suvenir menarik disiapkan oleh PMI Kabupaten untuk donor darah. “Ini program PMI, setiap Ramadan ada suvenir khusus bagi pendonor yang lolos donor darah,” ujarnya.

Dokter Dudung Ari Rusli, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten menjelaskan bahwa pelaksanaan donor darah selama Ramadan 1442 H dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. “Saat ini masih pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan donor darah tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata dr. Dudung

Dia mengimbau masyarakat untuk datang ke tempat-tempat donor darah malam hari selama Ramadan 1442 H. “PMI sudah menjadwalkan donor darah selama Ramadan 1442 di kantor kecamatan atau masjid terbesar di masing-masing kecamatan untuk kegiatan donor darah sukarela. Jadwal donor darah sudah kami sebar melalui media sosial,” ujarnya.

"Alhamdulillah, donor darah Ramadan di Masjid Jami Darul Muttaqin Kecamatan Balung berhasil memperoleh 39 kantong dan tertolak 12 pendonor. Sedangkan di Pendopo Kecamatan Kencong berhasil menghimpun 64 kantong dan yang gagal donor sebanyak 29 orang dikarenakan tensi rendah dan hb (hemoglobin) tidak memenuhi syarat donor," pungkasnya. (yud/eko/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO