Sabtu, 15 Mei 2021 18:50

Temui Banyak Kejanggalan, Kuasa Hukum Bacakades Patenteng Minta P2KD Diambil Alih Pemkab Bangkalan

Kamis, 15 April 2021 20:11 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Temui Banyak Kejanggalan, Kuasa Hukum Bacakades Patenteng Minta P2KD Diambil Alih Pemkab Bangkalan
Moh. Taufik, Kuasa Hukum Soroto - Bacakades Patenteng, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONELINE.com - Penetapan Calon Kepala Desa (Cakades) Patenteng, Kecamata Modung pada Selasa (13/4/2021) lalu dipertanyakan Moh. Taufik, Kuasa Hukum Bacakades Soroto. Taufik menduga ada kejanggalan dalam penetapan cakades, yang berdampak kliennya tidak lolos bursa cakades.

Menyikapi hal ini, Taufik meminta Bupati Bangkalan melalui Tim Fasilitator Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) Kabupaten Bangkalan agar mengambil alih Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD).

"Kami minta bupati dapat mengambil alih proses untuk melakukan diskresi, diulang, buka secara transparan," jelasnya saat audiensi dengan TFPKD yang dihadiri Muspika Modung dan P2KD Patengteng di Aula pendopo Pemkab Bangkalan, Kamis (15/4/2021).

Ia menjelaskan beberapa kejanggalan yang menjadi temuan pihaknya, salah satunya ada bacakades yang administrasinya bermasalah namun diloloskan. Seperti tempat lahir berbeda antara di akta kelahiran dan di ijazah. "Dan bahkan ada nilai bobot melebihi incumbent," tegasnya.

BACA JUGA : 

Kerja Sama Budi Daya Bibit Kedelai, Bupati Bangkalan Teken MoU dengan Khalifah Incorporation

Hasil Pilkades Bangkalan, Ini Nama-nama Cakades Terpilih Versi Hitung Cepat

Malu Dipecat Sepihak, Klebun Mrandung Bangkalan Siap Tempuh Jalur Hukum

Ada Dua Versi Pilkades Mrandung, Masing-masing P2KD Klaim Pilkades yang Digelar Sah

Sementara H. Ali Mas'ud, Ketua P2KD Patenteng menjelaskan bahwa proses atau tahapan pendaftaran Calon Kepala Desa Patenteng sudah dilaksanakan sesuai prosedur dan transparan. "Setiap tahapan dilakukan pemberitahuan atau diumumkan kepada masyarakat. Tidak benar kalau tidak transparan," tegasnya. 

Dikonfirmasi terkait adanya perbedaan tempat lahir salah satu bacakades, ia menganggap sudah tidak ada masalah karena saat itu tidak ada sanggahan. "Saat pengesahan berkas sudah saya umumkan, bahkan selama tiga hari tidak ada sanggahan dari tanggal 25-29 Maret lalu," ucapnya.

Sementara Ahmad Ahadiyan Hamid, Ketua TFPKD berjanji akan melakukan musyawarah dengan tim fasilitator terkait adanya perbedaan dokumen salah satu bacakades. Nanti, kata dia, hasil musyawarah akan direkomendasikan kepada bupati.

"Setiap manusia bisa saja keliru. Namun, dari P2KD mengakui sempat tidak memverifikasi terkait dokumen terkait tempat kelahiran," jelasnya kepada media. (uzi/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...