Kamis, 13 Mei 2021 10:47

Menteri PPN Setujui Pembangunan Kawasan Wisata Religi Terintegrasi di Kota Pasuruan

Jumat, 16 April 2021 20:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fuad
Menteri PPN Setujui Pembangunan Kawasan Wisata Religi Terintegrasi di Kota Pasuruan
Menteri PPN Suharso Monoarfa saat mengunjungi Kota Pasuruan, Jumat (16/4/2021) siang.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Bappenas Suharso Monoarfa menyetujui rencana pembangunan kawasan religi yang terintegrasi antara alun-alun dengan Makam KH Abdul Hamid Ahmad di Kota Pasuruan.

Hal itu disampaikan Suharso saat mengunjungi Kota Pasuruan, Jumat (16/4/2021) siang. Ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) beberapa waktu lalu ke Jakarta.

Menteri Suharso Monoarfa mengatakan, pihaknya memiliki pandangan yang sama dengan Wali Kota Gus Ipul terkait rencana pembangunan kawasan wisata religi yang terintegrasi di Kota Pasuruan.

"Setelah Gus Ipul berkunjung ke Bappenas kemarin, kami sepakat Kota Pasuruan ini memiliki sejarah yang sangat panjang di dalam peradaban dan perkembangan islam di sini," katanya.

BACA JUGA : 

Wali Kota Pasuruan Izinkan Warganya Takbiran dan Mudik Lebaran, Asalkan...

Songsong Digitalisasi UMKM, Wali Kota Pasuruan Luncurkan Aplikasi Si Duta dan Kurma

Cek Harga Sembako bersama Gus Ipul, Khofifah Support Renovasi Pasar Besar Pasuruan

Kunjungi Showroom Bipang Jangkar di Pasuruan, Gubernur Khofifah: Halal dan Melegenda

Dari sejarah yang panjang itu, banyak wisatawan dan peziarah dari luar Kota Pasuruan yang rutin datang ke sini. "Bahkan, katanya ada juga dari luar Jawa Timur yang datang ke sini setiap tahunnya," lanjutnya.

Menurutnya, sudah selayaknya memberikan pelayanan publik yang baik bagi peziarah. Tujuannya agar memberikan kenyamanan dan keindahan di kawasan alun-alun dan makam di Kota Pasuruan.

"Di sisi lain mendemonstrasikan Islam itu bersih, indah, teratur dan baik. Nanti akan kami susunkan master plan-nya. Potensi pariwisata ini bisa mendorong perekonomian meningkat dan terangkat," sambungnya.

Disampaikan Suharso, pihaknya menyiapkan anggaran Rp 100 miliar untuk pembangunan kawasan religi terintegrasi, setelah mendengarkan paparan dari Gus Ipul.

Terpisah, Wali Kota Pasuruan Gus Ipul mengaku akan segera menyiapkan Detail Engineering Design (DED) pembangunan kawasan wisata religi terintegrasi ini.

"Ini akan kami siapkan dalam jangka waktu dekat ini. Tadi Pak Menteri sudah meninjau langsung lokasi dan menyetujui usulan kami. Mudah-mudahan ini bisa segera terealisasi," jelasnya.

Sekadar diketahui, Gus Ipul memiliki mimpi untuk mengubah perwajahan Kota Pasuruan, termasuk di dalamnya mengembangkan wisata religi di Kota Pasuruan ini.

Gus Ipul akan mengintegrasikan kawasan Alun-alun Kota Pasuruan dengan Makam KH Abdul Hamid Ahmad dan sejumlah kawasan niaga yang ada di sekitar jantung Kota Pasuruan.

Bahkan, mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini akan membangun alun-alun ini layaknya Kota Madinah. Masjid akan dipercantik, alun-alun diperbaiki dan ditambah dengan payung-payung seperti masjid di Madinah. (afa/ian)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...