Senin, 10 Mei 2021 14:53

Buka Bersama Nasdem, Ini 4 Pesan Penting Kiai Asep pada Surya Paloh, Erick Thohir & Choirul Tanjung

Senin, 26 April 2021 10:54 WIB
Editor: mma
Buka Bersama Nasdem, Ini 4 Pesan Penting Kiai Asep pada Surya Paloh, Erick Thohir & Choirul Tanjung
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim dalam acara yang digelar pengurus Partai Nasdem Jawa Timur, Minggu (25/4/2021). foto: mma/ bangsaonline.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim kedatangan sejumlah pengurus Partai Nasdem Jawa Timur, Minggu (25/4/2021). Mereka, antara lain, Sri Sajekti 'Jeanette' Sudjunadi, Ketua DPW Nasdem Jatim, Aminurrohman, Sekretaris DPW Nasdem Jatim, Muzammil Syafii, Wakil Ketua PW Nasdem Jatim, dan beberapa pengurus lain. Ketua Nasdem Mojoketo Suwandi dan beberapa pengurus yang lain juga tampak hadir.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al-Barra (Gus Barra) tampak hadir.

Acara yang dikemas “Safari Ramadan 1442 H” DPW Partai Nasdem Jatim itu digelar di Guest House Institut KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto. Kiai Asep mengungkapkan bahwa pasca kemenangan dalam Pemilihan Bupati Mojokerto, dirinya membentuk Asep Saifuddin Chalim (ASC) Foundation yang punya misi memberi untuk berbagi. Tapi tidak menerima sumbangan dari siapa pun, termasuk dari pemerintah.

“Kemarin ada rumah seorang wanita kebakaran, langsung kita datangi untuk dibantu,” kata Kiai Asep saat menyampaikan sambutan. “Sedang kita kaji, untuk pembangunan kembali rumahnya,” tambahnya.

BACA JUGA : 

Habiskan RP 8 M untuk Sedekah Selama Ramadan, Kiai Asep: Inilah Manisnya Iman

Kiai Asep Bagikan 600 Bingkisan pada anggota TNI se-Kabupaten Mojokerto

Tuntas, ASC Foundation Bagi-Bagi Takjil Selama Ramadhan di 21 Kecamatan

Peduli Terhadap Dunia Pendidikan, Kiai Asep Dianugerahi Penghargaan Tokoh Pendidikan Islam Kultural

Bahkan  Gus Barra selaku Direktur Eksekutif ACS Foundation sudah mengantarkan bantuan uang tunai, beras, mie, dan lainnya.

(Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim. foto: mma/ bangsaonline.com)

Menurut Kiai Asep, ASC Foundation juga menyiapkan empat mobil mewah untuk pengantin baru di Mojokerto. Antara lain Mercy, Honda Accord, dan Toyota Camry yang semuanya masih baru. “Mobil-mobil untuk pelayanan gratis bagi warga yang menikah. Semuanya kita yang nanggung. Mulai dari sopir, BBM dan lainnya,” tutur Kiai Asep yagn langsung disambut tepuk tangan para pengurus Nasdem. Seorang pengurus bahkan nyeletuk, “Ayo rek seng kateh kawin.”

Usai acara, Kiai Asep kepada BANGSAONLINE.com mengaku senang Nasdem silaturahim ke lembaga penididikan yang diasuhnya. Ia juga menyampaikan bahwa pengurus Nasdem banyak yang kaya raya. Bahkan Nasdem dipimpin oleh konglomerat besar Surya Paloh.

“Karena itu saya sampaikan bahwa bangsa akan kuat jika ditopang empat hal,” kata Kiai Asep yang pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto.

Pertama, jika birokrat selaku pelaksana pemerintahan mengamalkan ilmu para ulama dan ilmuwan. “Ulama yang tulus dengan keilmuannya,” tegs Kiai Asep.

Kedua, birokrat yang adil. Ketiga, konglomerat yang peduli terhadap masyarakat, termasuk suka bersedekah dan membantu pemerintah. “Konglomeratnya harus loman. Karena ada Hadits, mereka itu jadi konglomerat karena orang-orang kecil,” kata kiai miliarder tapi dermawan ini.

(Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati (kiri) dan Sri Sajekti 'Jeanette' Sudjunadi, Ketua DPW Nasdem Jatim. foto: mma/ bangsaonline.com)

Keempat, orang miskin yang mendoakan pemimpinnya. Karena itu Kiai Asep mengingatkan jangan sampai para buruh hanya menjadi sapi perahan bagi para konglomerat.

Pesan ini, tegas Kiai Asep, tidak spesifik buat Surya Paloh dan Nasdem. Tapi juga untuk para konglomerat besar lainnya seperti Choirul Tanjung, Erick Thohir, Rachmat Gobel, Aburizal Bakrie, dan yang lain.

Menurut Kiai Asep, jika para konglomerat itu loman (dermawan), maka bangsa dan negara ini akan kuat. Ia mengutip beberapa Hadist Nabi yang intinya bersedekah tidak akan mengurangi rezeki kita, sebaliknya justru akan menambah rezeki kita.

Karena itu di Mojokerto, kata Kiai Asep, didirikan ASC Foundation. “Tapi mohon maaf, kalau di kabupaten lain mungkin agak sulit. Karena harus ada konglomerat yang loman. Kalau di Mojokerto kan ada saya. Bara, wakil bupatinya, kan anak saya, Bu Ikfina, bupatinya, juga anak asuh saya,” kata Kiai Asep sembari menegaskan bahwa apa yang ia perbuat adalah bagian dari sedekah. 

Pada hari Minggu sore itu sebenarnya Kiai Asep tidak hanya buka bersama dengan pengurus Nasdem. Tapi juga dengan Barisan RT (Baret) yang membantu pemenangan Ikfina-Gus Barra dalam pilbup Mojokerto. Selama bulan Ramadan, Kiai Asep mengundang semua perwakilan dari 18 kecamatan seluruh Mojokerto. Mereka diajak istighatsah untuk keselamatan bangsa. Lalu buka bersama. 

Usai salat maghrib berjamaah, mereka diberi beras, masing-masing orang 5 Kg, uang trasnport, sarung, dan lainnya. 

"Ini hari kesembilan," tutur Kiai Asep kepada BANGSAONLINE.com. (mma)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untu...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...