Sabtu, 08 Mei 2021 21:01

​Naik Becak, Kiai Asep Temui Wali Santri Amanatul Ummah di Pulau Belakang Padang Batam

Jumat, 30 April 2021 14:48 WIB
Editor: tim
​Naik Becak, Kiai Asep Temui Wali Santri Amanatul Ummah di Pulau Belakang Padang Batam
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. bersama M Mas'ud Adnan saat naik becak dari pelabuhan Belakang Padang ke lokasi acara pertemuan wali santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Pulang Belakang Padang Batam, Rabu (28/4/2021). foto: Kesbangpol Batam

BATAM, BANGSAONLINE.com – Ada pemandangan menarik di Pelabuhan Belakang Padang Batam pada Rabu, 28 April 2021. Kiai miliarder yang terkenal dermawan, Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A., naik becak. Karuan saja kiai yang memiliki 12 ribu santri lebih itu jadi pusat perhatian orang-orang di sekitar pelabuhan.

Kiai Asep naik becak bersama M Mas’ud Adnan, owner HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com. Mas’ud Adnan memang salah satu peserta rombongan Kiai Asep dari Surabaya. Kiai Asep dan rombongan naik becak karena jalan di pelabuhan tersebut sangat sempit, hanya bisa dilalui sepeda motor dan becak.  

Rombongan Kiai Asep sebanyak 9 orang. Selain Mas’ud Adnan juga tampak KH Fathurrohman, Ketua PC Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Surabaya, Dr Fadly Usman, Wakil Rektor Institut Pesantren KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Anggota DPRD Mojokerto, Muhammad Santoso, anggota DPRD Jatim Suwandi, Saefuddin, mahasiswa S2 asal Batam yang kuliah di Institut Pesantren KH Abdul Chalim, dan yang lain.

BACA JUGA : 

Tuntas, ASC Foundation Bagi-Bagi Takjil Selama Ramadhan di 21 Kecamatan

Peduli Terhadap Dunia Pendidikan, Kiai Asep Dianugerahi Penghargaan Tokoh Pendidikan Islam Kultural

Silaturahim, Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri dan Amanatul Umah Mojokerto Saling Rendah Hati

Ulama, Rektor, Hingga Kakanwil Jatim Kumpul Doakan Bangsa dan para Pemimpin RI

Kiai Asep menyeberang dari Kota Batam ke Pulau Belakang Padang untuk memenuhi undangan para wali santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang berasal dari pulau tersebut. Sekitar 300 orang mengikuti acara silaturahim yang digelar di sebuah masjid di pulau tersebut. Dalam acara dialogis itu, Kiai Asep banyak menjelaskan tentang prestasi dan masa depan PP Amanatul Ummah.

Dalam acara itu Kiai Asep juga memberikan santunan pada anak yatim dan membagi-bagikan sarung kepada para peserta.    

Kiai Asep juga mengunjungi Madrasah Aliyah Amanatul Ummah di pulau tersebut. “Saya terkejut ada sekolah Amanatul Ummah di sini,” kata Kiai Asep.

Kiai Asep lalu minta guru-guru Amanatul Ummah itu berkumpul. Kiai bertangan dingin dalam mengelola pendidikan dan pondok pesantren itu memberikan beberapa nasihat dan saran kepada para guru itu.

(Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A., usai memberikan santunan pada anak yatim foto bersama. Tampak KH. Fathurrohman (paling kanan berbaju hijau). foto: mma/ bangsaonline.com)  

Ia minta para guru punya kemauan keras untuk memajukan lembaga pendidikan yang dikelolanya. “Apalagi memakai nama Amanatul Ummah,” katanya.

Caranya, setelah selesai mengajar memberikan PR (pekerjaan rumah) kepada para muridnya.

“Gak usah banyak-banyak dan tidak usah sulit-sulit. Cukup tiga pertanyaan. Yang pertama, pertanyaan yang mudah dijawab. Kedua, yang sedang. Yang ketiga, pertanyaan yang sulit,” kata kiai miliarder tapi dermawan itu.

“Nanti kalau sudah bisa menjawab pertanyaan nomor satu, pasti bisa menjawab nomor dua. Lalu ia berusaha bisa menjawab pertanyaan nomor tiga yang sulit,” tegasnya.

Selama di Batam, Kiai Asep banyak didampingi Kepala Kesbangpol Batam Riama Manurung dan yang lain. 

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Kiai Asep tiba di Batam pada Selasa, 27 April 2021 sekitar pukul 14.30 WIB. Hanya istirahat sejenak, pada pukul 16.00 langsung ceramah di acara Silaturahim dan Santunan Anak Yatim bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Hj. Marlin Agustina di Pusat Informasi Haji Kemenag Batam. Acara bersama Wakil Gubernur Kepri itu kemudian dilanjutkan buka bersama.

Usai salat jamaah maghrib, Kiai Asep dan rombongan menuju Masjid Agung Batam. Di masjid luas dan besar itu Kiai Asep memberikan ceramah agama sesaat sebelum salat tarawih.

Pada Rabu, 28 April 202, Kiai Asep menyeberang ke pulau Belakang Padang untuk memberikan taushiyah di depan para wali santri Amanatul Ummah. Kiai Asep juga mengunjungi Mandrasah Aliyah Amanatul Ummah di pulau tersebut.

Pada malam harinya, Kiai Asep menjadi penceramah pada Nuzulul Quran yang digelar Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam. Dalam acara Nuzulul Quran itu dihadiri sekitar 1.000 warga Batam itu, hadir para ulama, tokoh dan pejabat Batam, terutama Walikota Batam Muhammad Rudi, Wakil Gubernur Kepri Hj. Marlin Agustina, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad dan lainnya.

Pada Kamis, 29 April 2021, Kiai Asep melantik para pengurus PAC Pergunu Kota Batam

Rombongan Kiai Asep terdiri dari 9 orang. Antara lain, Dr Fadli Usman, Wakil Ketua Umum Pergunu, M Mas’ud Adnan, Komisaris Utama dan Owner HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com, KH Fathrurrohman, Ketua Pergunu Surabaya, Muhammad Santoso dan Suwandi, Anggota DPRD Mojokerto, Saefudin, mahasiswa S2 Institut KH Abdul Chalim dan lainnya.(tim).

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...